Gubernur Buka Festival Pesona Negeri Saruma

  • Bagikan
Gubernur AGK saat memukul gong tanda dibukanya Festival Pesona Negeri Saruma. (ist)
LABUHA – Festival Pesona Negeri Saruma (FPNS) di Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), yang dipusatkan di panggung utama Kawasan Taman Miniatur Jakarta (TMJ) Desa Tuwokona Kecamatan Bacan Selatan, dibuka dengan resmi oleh Gubernur Provinsi Maluku Utara (Malut) KH. Abdul Gani Kasuba, pada Sabtu, (14/12/19).
 
Kegiatan ini juga dihadiri oleh Bupati Halsel, Bahrain Kasuba bersama Ketua Tim Penggerak PKK Halsel, Nurlela Muhammad, Wakil Bupati Iswan Hasjim bersama Istri Yeni Amelia, Sekretaris Daerah Helmi Surya Botutihe bersama Istri Lely Lihayati, Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD, Perwakilan dari 20 Etnis yang menetap Halsel, tamu undangan dari 8 Kabupaten/Kota serta disaksikan Masyarakat Halsel dan dari luar Halsel. 
 
Bupati Kabupaten Halsel, Hi. Bahrain Kasuba, dalam sambutannya mengatakan. Festival FPNS Kabupaten Halsel, yang digelar saat ini, merupakan kegiatan budaya yang akan ditampilkan oleh masyarakat dari berbagai etnis yang pertama kali dilaksanakan di Kabupaten Halsel.
 
 “Festival ini, rencananya akan diagendakan setiap tahun,” kata Bahrain 
 
Bahrain menjelaskan, adanya perkembangan zaman, generasi muda saat ini lebih banyak mengadopsi budaya-budaya barat, mulai dari pakaian, tarian, dan lainnya, yang mengancam kepunahan budaya lokal. Hal tersebut, pemerintah daerah berkewajiban mengingatkan kepada masyarakat terutama generasi muda tentang budaya-budaya lokal, melalui sebuah ivent Festival Pesona Negeri Saruma. 
 
“Dengan kegiatan ini, kita menyampaikan pesan kepada masyarakat tentang budaya kita yang sesungguhnya,” ungkap Bahrain.
Tarian Cakalele meriahkan acara pembukaan Festival Pesona Negeri Saruma. (ist)
 
Sementara Sekretaris Daerah (Sekda) Halsel, Helmi Surya Botutihe, selaku ketua Panitia Festival Pesona Negeri Saruma, mengatakan. Bahwa kegiatan Festival ini, diikuti oleh 20 Etnis di Kabupaten Halsel, dengan menampilkan tarian budaya lokasi di Maluku Utara maupun tarian budaya diluar Maluku Utara. 
 
“Ada 20 entis yang akan menampilkan tarian budaya pada Festival Pesona Negeri Saruma,” kata Helmi    
 
Pada kesempatan itu, Gubernur Malut, KH. Abdul Gani Kasuba, sebelum membuka dengan resmi kegiatan Festival Pesona Negeri Saruma. Ia merasa bangga dengan terselenggaranya acara budaya yang digelar Pemerintah Kabupaten Halsel. 
 
“Kegiatan ini, sangat bermanfaat bagi generasi muda di Kabupaten Halsel,” kata Gubernur.
 
Pembukaan FPNS semakin meriah dengan berbagai penampilan yang dipersembahkan oleh beberapa suku/etnis yang mendiami Halsel. Diantaranya, penampilan tarian dari Ikatan keluarga besar maluku tenggara, Tarian Lalayon dari Ternate yang dipimpin langsung oleh Wakil Bupati Halsel Iswan Hasjim, Serta tarian Cakalele dari Ikatan Tobelo Galela, yang pimpin Bupati Halsel, H. Bahrain Kasuba, serta persembahan tarian Kolaborasi dari Sanggar Pasisanak. 
 
Pembukaan FPNS ditandai dengan pemukulan Gong oleh Gubernur Malut KH. Abdul Gani Kasuba. (rls)
  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut