Kapospam Rutan Soasio Jadi Tahanan Rutan Ternate

  • Bagikan
Kapospam Rutan Kelas IIB Soasio Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Wahyu A alias Ayuk saat ditahan di Kejari Ternate (Foto: Istimewa)

TERNATE – Setelah ditangkap aparat dari Direktorat Reserse Narkoba (Dit-Resnarkoba) Polda Maluku Utara (Malut) karena menjadi bandar narkoba. Kepala Pos Penanganan (Kapospam) Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Soasio Kota Tidore Kepulauan (Tikep), Wahyu A alias Ayuk kini menjadi tahanan di Rutan Kelas IIB Ternate.

Kasi Pidum Kejari Ternate, Pardi Muthalib mengatakan berkas kasus narkoba dengan tersangka Wahyu telah lengkap (P21) dan dilakukan tahap dua atau penyerahan berkas dan tersangka dari penyidik ke Jaksa Penuntut Umum (JPU) Kejari Ternate. Kini tersangka Wahyu yang tak lain merupakan Kapospam Rutan Soasio itu ditahan di Rutan Ternate sambil menunggu jadwal persidangan di Pengadilan nanti.

“Berdasarkan hasil pemeriksaan berkas dari penyidik, diperoleh bukti yang cukup kuat tersangka diduga keras melakukan tindak pidana tanpa hak melawan hukum, memiliki, menyimpan, menguasi dan membeli narkotika golongan satu jenis ganja serta penyalahgunaan narkotika bagi diri sendiri,” kata Pardi kepada KabarMalut, Selasa (17/12/2019).

Pardi menjelaskan, penahanan ini dilakukan JPU karena dikhawatirkan tersangka akan melarikan diri dan menghilangkan barang bukti dan atau mengulangi tindak pidana. Oleh karena itu, dianggap perlu mengeluarkan surat perintah penahanan.

“Tersangka tersebut ditangkap bersama barang bukti berupa lima sachet narkotika jenis ganja dengan berat 3,76 gram,” terangnya.

Tersangka Wahyu sendiri dijeret dengan pasal 111 ayat (1) huruf A UU nomor 35 tahun 2009 tentang narkotika. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut