Soal Dugaan Pemerasan Kapus Saketa, Polsek Gane Barat Mulai Panggil Saksi Untuk Diperiksa

  • Bagikan
Kapolsek Gane Barat, IPDA Mardan Abdurrahman (Foto: Istimewa)

LABUHA – Setelah menerima laporan dugaan tindak pidana pemerasan yang dilakukan tiga oknum pengurus Lembaga Suwadaya Masyarakat (LSM) Korps Pemuda Pemudi Indonesia (KPPPI) di Maluku Utara (Malut) terhadap Kepala Puskesmas (Kapus) Saketa, Darmo Umar, Kepolisian Sektor (Polsek) Gane Barat langsung melakukan penyelidikan dengan melayangkan panggilan terhadap saksi untuk dimintai keterangan.

Kapolsek Gane Barat, IPDA Mardan Abdurrahman mengaku kasus dugaan pemerasan terhadap Kapus Saketa senilai Rp 50 juta oleh oknum LSM KPPPI kini mulai tahap penyelidikan. Bahkan pelapor (korban) telah dilayankan surat panggilan oleh penyidik untuk dimintai keterangan sebagai saksi.

“Saat ini kami telah melakukan penyelidikan. Kepala Puskesmas-nya sudah kami panggil untuk mintai keterangan,” kata Mardan saat dikonfirmasi, Kamis (19/12/2019).

Untuk mengembangkan kasus ini, penyidik juga menjadwalkan memeriksa saksi pelapor termasuk Bendahara Puskesmas Saketa yang diduga mengetahui jumlah uang yang diserahkan Kapus Saketa untuk kepentinag terduga pemerasan.

“Setelah Kepala Puskesmas, kami akan melayangkan surat pemanggilan kepada Bendahara Puskesmas untuk dimintai keterangan pula,” ujarnya.

Sementara tiga oknum LSM KPPPI yakni Ketua DPD KPPPI Malut, Muhammad Saifudin alias Amat Edet dan Ketua Bidang Intelejen dan Investigasi DPC KPPPI Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Ruslan Abdul serta Hardin Hi Idris yang diduga menerima uang sebesar Rp 50 juta dari Kapus, juga bakal diperiksa setelah pemeriksaan saksi-saksi pelapor.

Selain oknum LSM KPPPI Halsel, Kapus Saketa juga menjadi korban pemerasan sebesar Rp 10 juta yang mengatasnamkan dari Kejaksaan Negeri (Kejari) Halsel, yakni Jodhi Atmaenbhi SH dan Reska Eulandari. Namun untuk dua nama yang mengatasnamakan diri dari Kejari Halsel tersebut belum ada kejelasan resmi terkait rencana pemeriksaan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut