Hendak Ciptakan Pilkada yang Jurdil, Bawaslu Taliabu Gelar Rapar Koordinasi dengan eMitra Kerja

  • Bagikan
Bawaslu Pulau Taliabu saat Rapat Koordinasi dengan Mitra Kerja (Foto: Istimewa)

BOBONG – Dalam rangka mensukseskan Pemilhan Kepala Daerah dan Wakil Kepala Daerah Kabupaten Pulau Taliabu tahun 2020 mendatang yang Jujur dan Adil (jurdil). Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Pulau Taliabu menggelar rapat koordinasi mitra kerja yang terdiri dari Pemda Pulau Taliabu, TNI-Polri, Ketua Parpol, KPU dan Insan Pers, Senin (23/12) malam.

“Sudah tentu Pemilu yang kita lewati kemarin tidak terlepas dari kerja sama semua pihak, pemerintah daerah, aparat keamanan dan media juga turut andil membantu terselenggaranya Pemilu yang baik.  Maka dari itu, untuk melaksanakan Pilkada di tahun 2020, dalam rapat koordinasi ini, kami meminta saran dan masukan semua pihak, guna mencapai Pilkada yang Jurdil di tahun depan,” ungkap Ketua Bawaslu Pulau Taliabu Adidas La Tea.

Beberapa tahapan menuju Pilkada nantinya, lanjut Adidas, salah satunya Bawaslu telah melaksanakan perekrutan Pengawas Pemilu tingkat kecamatan dan telah diumumkan hasil seleksinya.

“Kemarin kami sudah selesai melakukan perekrutan pengawas tingkat kecamatan (Panwascam), ini adalah tahapan awal kami dalam rangka melaksanakan pengawasan sampai ke tingkat kecamatan. Selanjutnya akan kami lakukan perekrutan pengawas di tingkat desa (PPL) yang fungsinya nanti mengawasi jalannya Pilkada di tingkat desa,” kata Adidas.

Adidas juga menegaskan bakal menindak setiap perkara Pemilu jika dilaporkan oleh pihak yang merasa dirugikan dalam kontestasi Pilkada. Oknum penyelanggara yang dilaporkan warga ketika melanggar kode etik yang telah ditentukan.

Sementara itu, Kapolsek Taliabu Barat AKP Said Aslam SIK mengatakan untuk mencapai hasil Pemilu yang baik, pihak yang lebih dulu menjaga integritas adalah pihak penyelenggara Pemilu sendiri.

“Untuk mencapai hasil Pemilu yang baik, yang lebih utama adalah pihak penyelenggara itu sendiri yang harus menjaga integritas lembaga. Agar nantinya tercipta Pilkada yang bersih dan juga pihak media dalam menulis berita harus melalui konfirmasi, agar tidak tersebar berita hoax yang nantinya meresahkan warga,” kata Said.

Dalam rapat tersebut, Ketua  KPU Pulau Taliabu Arisandi mengingatkan kepada pihak Dukcapil Pulau Taliabu agar dapat mengatasi data ganda yang menjadi temuan KPU pada pemilihan gubernur Malut 2018 lalu. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut