Poprov ke-III Resmi Ditutup Dengan Parade Pakian Adat

  • Bagikan
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba pada acara penutupan Porprov ke III (Foto: Humas Setda Halsel)

LABUHA – Biasanya acara Pekan Olahraga identik dengan pakian olahraga, namun lain halnya dengan penutupan Pekan Olahraga Provinsi (Poprov) ke-III Malaku Utara (Malut) tahun 2019 yang diselenggarakan di Gelanggangan Olahraga (GOR) Gelora Bahrain Kasuba (GBK), di Desa Towukona Kecamatan Bacan Selatan Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), dimana terlihat seluruh pejabat mulai dari Bupati, Sekda, Pimpinan SKPD dan Staf di lingkup Pemkab Halmahera Selatan menggunakan pakian adat khas dari daerah mereka masing-masing.

Tunjuan dikenakan pakian adat ini sebagai tanda bahwa Kabupaten Halmahera Selatan selalu hidup dengan rukun dalam Bingkai Saruma dengan berbagai etnis yang menetap di Halmahera Selatan. Penutupan Poprov ke-III Malut ini ditutup oleh Bupati H Bahrain Kasuba. Sabtu, 21 Desember 2019 lalu.

Hadir juga, Sekertaris Daerah, Forkopimda Halsel, Pimpinan SKPD, Sekertaris KONI Malut, Ketua KONI Malut, Kepala Dinas Pariwisata Kota Ternate, Para Atlit serta disaksikan oleh masyarakat Halsel dan sekitarnya.

Seperti Pembukaan, penutupan Poprov ke-III Malut ini juga berlangsung meriah dengan menampilkan persembahan tarian kolaborasi dari Sanggar Saruma dibawah pimpinan Hj Nurlela Muhammad dengan tarian cakalele, togal, dan soya-soya serta tarian panah dari Paguyuban Maluku Tenggara dibawah  pimpinan Soleman Rettob.

Selain itu penutupan Poprov juga semakin meriah dengan ditampilkannya Parade Nusantara dari 20 Etnis yang menetap di Bumi Saruma, dan dilanjutkan dengan parade dari 9 kontingen kabupaten/kota.

Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba bersama Ketua PKK Nurlaila Muhammad di parade penetupan Porprov ke-III (Foto: Humas Setda Halsel)

Bupati Halsel H Bahrin Kasuba dalam sambutannya mengucapkan terima kasih kepada semua penyelenggara Poprov ke-III dan semua peserta cabang olahraga yang telah ikut mengsuksekan Poprov ke-III di Bumi Saruma ini.

“Terimah Kasih atas semua dukung, sehingga Poprov ke-III dapat berjalan dengan lancar mulai dari awal hingga penutupan hari ini,” ungkap Bupati.

Bupati juga mengucapkan selamat kepada kabupaten/kota yang keluar sebagai juara, dan yang belum  berhasil, ia berharap untuk tidak berkecil hati. Dirinya mengucapkan selamat jalan kepada seluruh kontingen dari 8 kabupaten/kota yang kembali ke daerah masing-masing.

“Selamat atas juaranya untuk Kota Ternate, dan selamat jalan, sampai ketemu lagi, semoga kita dapat bertemu lagi pada ivent-ivent Provinsi berikutnya,” kata Bupati.

Sekertaris KONI Malut, memberikan apresiasi kepada tuan rumah Poprov dengan memadukan Penutupan Poprov dengan Parade Nusantara dari berbagai Etnis yang ada di Halmahera Selatan.

“Itu artinya nilai-nilai olahraga hari ini kita rasakan, sebagaimana yang telah disampaikan Bupati Halsel, bahwa olahraga menyatuhkan kita semua meskipun kita berbeda, namun kita berada pada satu kesatuan,” ungkapnya.

Bupati Bahrain Kasuba saat memberikan piala Porprov ke III ke Kontingen Ternate sebagai Juara Umum (Foto: Humas Setda Halsel)

Dirinya mengucapkan terimah kasih kepada Kabupaten Halsel selaku tuan rumah yang telah menfasilitasi seluruh fasilitas Poprov mulai dari tempat acara hingga yang lain-lain.

“Atas nama KONI Provinsi, kami mengucapkan terimah kasih yang sebesar-besarnya kepada Pemda Halsel khususnya Bupati Halsel yang telah berupaya keras menjamu kita selaku tamu undangan yang menurut saya sangat baik,” jelasnya.

Pada pe Poprov ke-III Malut tahun 2019, Kota Ternate keluar sebagai juara umum dengan memperoleh 86 medali, dengan rincian medali emas sebanyak 38, 25 perak, 23 medali perunggu.

Kemudian selaku tuan rumah Kabupaten Halsel mendapatkan juara ke II, dengan mendapatkan Medali sebanyak 82 Medali, dengan rincian 22 Emas, 26 Perak dan 34 Perunggu.

Sedangkan juara ke III, dari kontingen Kabupaten Halmahera Barat, 18 Medali Emas, 18 Medali Emas Perak, 18 Medali Perunggu dengan total perolehan suara 33 Medali.  (Humas/LS)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut