Politisi NasDem Resmi Pimpin DPRD Halsel

  • Bagikan
Pelantikan Pimpinan Defenitif DPRD Halmahera Selatan, Muhlis Djafar (tengah) Umar H Soleman dan Muslim H Raktib (Foto: Istimewa)

LABUHA – Politisi Partai Nasional Demokrat (NasDem), Muhlis Djafar resmi ditetapkan sebagai Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DRPD) Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) untuk periode 2019-2024. Muhlis didampingi dua wakil ketua yakni Umar H Soleman dari Partai Golkar dan Muslim H Raktib dari PKB.

Tiga Pimpinan Definitif DPRD Halsel ini pun dilantik secara resmi melalui Rapat Peripurna berdasarkan Surat Keputusan (SK) Gubernur Maluku Utara nomor: 524/KPTS/MU/2019, Jumat (27/12).

Rapat Paripurna Peresmian Pimpinan DPRD Kabupaten Halsel berlangsung di Gedung DPRD Halsel dibuka langsung oleh Pimpinan DPRD Halsel Sementara Idrus Assagaf. Hadir pula pada paripurna tersebut Bupati  Bahrain  Kasuba, Wakil Bupati Halsel, Iswan Hasjim, Forkopimda Halsel, 30 anggota DPRD Halsel, Ketua KPU Halsel, Ketua Bawaslu Halsel, pimpinan SKPD serta pimpinan Bank BRS.

Ketua DPRD Sementara Idrus Assagaf dalam pidatonya melaporkan tugas pokok dan tanggung jawabnya selama satu bulan setelah pelantikan 30 anggota DPRD Halsel pada 29 November 2019, yang telah dilaksanakan secara tuntas. Yang dimulai dari memimpin Rapat Paripurna, memfasilitasi Pembentukan Fraksi, memfasilitasi penyusunan peraturan DPRD tentang Tata tertib serta memproses penetapan pimpinan DPRD.

Peresmian pimpinan DPRD Kabupaten Halsel, diawali dengan pembacaan Surat Keputusan Gubernur Maluku Utara, yang dibacakan oleh Sekertaris DPRD Halsel, Hj Johra, kemudian dilanjutkan oleh Pengambilan Sumpah oleh Ketua Pengadilan Negeri Labuha, Pendatangangan Berita Acara, serta penyarahan Palu DPRD dari Pimpinan Sementara kepada Pimpinanan DPRD yang baru periode 2019-2024.

Dalam sambutan Gubernur Maluku Utara, yang dibacakan oleh Bupati Halsel H Bahrain Kasuba mengucapakan selamat kepada pimpinan-pimpinan DPRD Kabupaten Halsel yang baru.

“Kami yakin sudara-sudara akan mampu melaksanakan tugas-tugasnya dengan baik, dan bisa membawah lembaga ini kearah perubahan dan kemajuan yang lebih besar pada kepemimpinan lima tahun mendatang nanti,” kata Bupati.

Lanjut Bupati, dalam konteks penyelenggara Pemerintahan dan pelaksanaan pembangunan daerah, pimpinan DPRD merupakan jembatan penghubung antara Pemerintah Daerah dan DPRD melalui mekanisme konsultasi.

Menjadi jembatan penghubung, lanjut Bupati, tidak sulit bagi bapak-bapak pimpinan DPRD karena antara Pemerintah Daerah dan DPRD sesunggunya memiliki satu visi  dalam menjalankan pemerintahan dan pembangunan daerah sebagaimana tertuang dalam RPJMD Kabupaten Halsel.

“Saya menaruh harapan besar kepada para pimpinan DPRD untuk mampu melaksanakan tugas dan fungsinya secara profisional, dan akan mampu tampil sebagai penyeimbang dan sekaligus sebagai penyemangat kinerja eksekutif,” kata Bupati.

Bupati juga mengingatkan bahwa, sebelum pimpinan terbentuk secara definitif maka tugas yang paling mendesak adalah membentuk alat kelengkapan dewan.

“Kepada seluruh anggota DPRD Halsel, saya mohon agar dapat bekerja secara baik sehingga pembentukan alat kelengkapan dewan secepatnya dapat terbentuk sehingga agenda-agenda penting dewan dapat dilaksanakan,” ungkap Bupati.

Sementara Ketua DPRD Halsel, Muhlis Djafar dalam pidatonya memberikan  apresiasi dan penghargaan setinggi-tingginya kepada Pimpinan DPRD Sementara berdasarkan amanah ketentuan.

“Sunggu sangat berat tanggung jawabnya, untuk itu lewat meja pimpinan terhormat ini, kami memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada pimpinan sementara atas kerja kerasnya dalam memfasilitasi beberapah tahapan agenda penting demi keberlangsungan perjalanan lembaga  ini, sehingga dapat berjalan degan cepat dan tepat dalam waktu yang begitu singkat,” ujarnnya.

Dirinya juga mengucapkan terima kesih kepada Gubernur Maluku Utara, Bupati Halsel dan seluruh anggota DPRD Halsel atas dukungan dan kerja samanya yang baik, sehingga saat ini DPRD Kabupaten Halsel dapat memiliki pimpinan definitif.

Ketua DPD Partai NasDem Halsel ini juga mengharapkan kerja sama yang baik dari semua pihak, mulai dari Pemerintah Provinsi, Pemerintah Daerah, Perguruan Tinggi, stakeholder, LSM, Pers dan yang lain-lain.

“Mari secara bersama-sama kita bersinergi dalam membangun daerah ini, sehingga terciptanya suasana harmonis yang dilandasi pengabdian terhadap bangsa dan negara pada umumnya, dan teristimewah untuk  Kabupaten Halmahera Selatan,” pinta Muhlis. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut