Polda Malut Siapkan Data Penilaian Kenaikan Status

  • Bagikan
Kapolda Maluku Utara, Brigjen Pol Suroto (Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) terus menyiapkan segala data berkait dengan rencana kenaikan status Polda Malut dari tipe B ke tipe A bersamaan dengan 6 Polda lain di Indonesia.

Kapolda Malut, Brigjen Pol Suroto mengatakan kini telah menyiapkan data usulkan yang diperlukan untuk kajian akademik, terkait kenaikan layak tidaknya kenaikan status tipe Polda dari tipe A ke tipe B.

“Ini aspeknya banyak mulai dari geografi, demokrasi serta dari potensi-potensi kerawanan Kamtibmas dan faktor indikator-indikator yang bakal disiapkan,” kata Suroto kepada KabarMalut, Kamis (2/1/2020).

Data naskah akademik dan data hukum yang disiapkan akan diajukan ke Mabes Polri. Selanjutnya Tim Mabes Polri turun mengkroscek data-data yang disajikan itu.

“Nanti Mabes Polri yang akan menilai, Mabes Polri bakal mengajukan Kemenpan-RB dan Kemenpan-RB juga mereka bakal turun menilai kita,” ujarnya.

Tim Mabes Polri sendiri akan menilai setuasi dengan kondisi yang ada, layak tidak Polda Malut bisa naik tipe A. Sebab keputusan tersebut merupakan kewenangan Mabes Polri.

“Mabes menilai ke Polda kemudian mengajukan ke Kemenpan RB mereka setuju baru dinaikan ke tipe A, ada beberapa faktor penilaian untuk naik tipe,” akunya.

Jenderal bintang satu ini menambahkan, perubahan status tipe B ke tipe A juga juga akan berpengaruh pada penambahan personel dan sarana prasarana maupun anggaran. Namun jumlah personel Polisi di Polda Malut saat ini, masih dinilai optimalkan untuk mengcover semua tugas di Malut.

” Nanti kita paparkan data-data untuk kesiapan itu, ini semua kita serahkan ke Mabes polri,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut