Cegah Longsor, Polda Malut Berserta Jajaran Gelar Penanaman Pohon

  • Whatsapp
Kabid Humas Polda Maluku Utara, AKBP Adip Rujikan bersama jajaranya saat melakukan penanaman pohon pala di Bukit Bintang (Istimewa)

TERNATE – Mencegah terjadinya tanah longsor, jajaran Kepolisian Daerah (Polda) Maluku Utara (Malut) berserta jajaranya, melakukan gerakan penanaman pohon di Kelurahan Dufa-Dufa, Kota Ternate tepatnya di samping taman Bukit Bintang, Kamis (9/1/2020 ).

Kabid Humas Polda, Malut AKBP Adip Rujikan mengatakan program Polisi Peduli Lingkungan dengan penanaman pohon ini merupakan gagasan Kapolri Jendral  Idham Azis, sebagai wujud kepedulian terhadap lingkungan hidup.

Muat Lebih

“Bapak Kapolri memberikan kepercayaan seperti ini, otomatis dilaksanakan dari pusat sampai dengan jajaran di seluruh daerah,” ungkap  Adip.

Adip menambahkan, hari ini pihaknya menindaklanjuti apa yang diperintahkan Kapolri yaitu mengaktifkan gerakan penghijauan untuk menjaga keberlangsungan lingkungan dengan melakukan penanaman sebanyak 25 pohon jenis pohon pala.

“Karena hal ini sangat penting sekali. Terbukti kemarin di ibu kota dan Bandung dilanda banjir, tentunya situasi seperti itu kita cegah dengan persiapkan prosesi penanaman seperti ini,” ungkapnya.

Lokasi penanaman hari ini merupakan lokasi yang berada di dataran tinggi, karena lokasi seperti itu biasa terjadi longsor. Maka diharapkannya, penanaman ini bisa menahan erosi pada lapisan tanah, sehingga bisa mencegah longsor dan banjir.

“Untuk lokasi, sesungguhnya kita melihat dari sisi yang kemungkinannya bisa abrasi. Harapannya, kedepan bisa memberikan dampak yang baik atas peremajaan pohon yang sudah mulai tua. Sehingga tidak terjadi abrasi pada daerah ini. Ini salah satu upaya Polri pada umumnya untuk menjaga keseimbangan lingkungan,” paparnya.

Untuk perawatan, sambungnya, pihaknya akan kembalikan ke pemilik lahan untuk menjaga tanaman yang ada di lokasi itu, lalu kemudian akan sama-sama mengontrolnya.

“Ini tanah bertuan, jadi kita akan meminta agar yang punya tanah untuk merawat 25 pohon pala, yang sudah kita tanam lalu kita juga akan monitor agar yang kita tanam itu keberlangsungannya terjaga atau tidak rusak,” harapnya.

Dikatakannya, Polda Malut dan Polres jajaran telah melakukan Program Polisi Peduli Penghijauan dengan penanaman bibit pohon sebanyak 4.848 pohon. Bibit untuk agenda penanaman pohon,  Polda Malut berkerja sama dengan Dinas Kehutanan dan juga dengan masyarakat yang peduli lingkungan. Jenis pohon yang ditanam juga bermacam-macam, selain pohon pala, juga ada cengkeh, durian dan pohon mangga.

“Hingga saat ini laporan yang kita terima dari semua satuan dan Polres yaitu 4.848  pohon dan akan bertambah lagi, karena hari ini juga diadakan penanaman di Gurabati SPN, dan juga untuk agenda penanaman besok di SPN Sofifi secata serentak,” pungkasnya. (*)

Pos terkait