Tenaga Didik Dituntut Menguasai Teknologi

  • Bagikan
Penandatanganan MoU dilakukan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UNPAK, Prof. DR. Ing H. Soewarto Herdienata, Bupati Bahrain Kasuba dan Fasilitator Pelaksana Kelas Kerjasama, Lusi Maya Cantika, SE. MM. (Istimewa)

LABUHA – Tenaga pendidik atau guru pada era revolusi industri saat ini, dituntut untuk menguasai teknologi agar dapat menyesuaikan dengan perkembangan anak didik. Saat ini, peserta didik lebih suka menggunakan teknologi untuk belajar.

Hal ini diungkapkan Prof Thamrin Abdullah di seminar pendidikan dengan tema Peran Guru di Era Milenial Guna Mewujudkan Generasi Emas Pada Revolusi Industri 4.0′ yang digelar Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Halmahera Selatan (Halsel) malam di aula kantor Bupati, (Rabu 8/1).

“Guru harus bisa secara aktif berkomunikasi dengan peserta didik, profesional menguasai bidang studi dan merancang strategi pembelajaran atau gaya pembelajaran yang sesuai dengan era industri 4.0,” jelas Prof Thamrin.

Sementara Prof Soewarto mengatakan,  orang yang bisa menyesuaikan diri dengan eranya, maka ia akan berkembang.

“Saat ini para pendidik dituntut untuk berubah dengan cara beradaptasi dengan zaman, dan menguasai lebih dulu, teknologoi agar dapat menyesuaikan dengan peserta didik,” jelasnya.

Pada kesempatan ini, Bupati menyampaikan bahwa dengan kondisi geografi Halsel yang memiliki 400 pulau dan tersebar didalamnya 30 kecamatan dan 249 desa, membuat rentang kendali wilayah Halsel menjadi tantangan tersendiri bagi penyelenggara pendidikan. Namun, orang nomor satu di lingkup Pemkab Halsel ini optimis dengan peran para pendidi yang mengemban tugas masing-masing.

“Saya yakin dan percaya mereka mampu mengemban tugas negara yakni, mencerdaskan kehidupan bangsa,” kata Bahrain.

Sebelum penyampaian materi dari Narasumber, dilakukan pula penandatangan MoU antara Sekolah Pascasarjana Universitas Pakuan (UNPAK) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Halsel dan Yayasan Bunga Bangsa. Penandatanganan ini dilakukan oleh Dekan Sekolah Pascasarjana UNPAK, Prof DR. Ing H. Soewarto Herdienata, Bupati H. Bahrain Kasuba dan Fasilitator Pelaksana Kelas Kerjasama, Lusi Maya Cantika, SE. MM.

Turut hadir dalam seminar Bupati Halsel H. Bahrain Kasuba beserta Istri Hj Nurlela Muhammad yang juga selaku Kepala Dinas Pendidikan dan Kebudayaan, Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Para Asisten, Staff Ahli, Pimpinan SKPD, dan peserta seminar yang terdiri dari Kepala Sekolah serta para guru se-Kabupaten Halsel. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut