Menambang Batu Angus Hingga ke Tabam, Hi Machmud Esa Dipolisikan Warga

  • Bagikan
Aktivitas penambangan batu angus yang dilakukan Hi Machmud Esa (Istimewa)

TERNATE – Warga Kelurahan Tabam mengecam aktivitas penambangan batu angus yang dilakukan Hi Machmud Esa karena diduga berlangsung diluar dari wilayah izin yang diklaim. Warga pun melaporkan Hi Machmud Esa ke Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut).

“Kita sudah laporkan hal ini ke Ditreskrimsus, karena aktifitas penambangan batu yang dilakukan Hi Machmud Esa dinilai salah, dan kami juga menanyakan izinnya itu betul-betul terpenuhi atau tidak, karena dia mengklaim memiliki lahan dengan luas 4,5 hektar. Ini aneh karena bicara batu angus itu bukan milik siapa-siapa” kata salah satu warga Tabam, Mustafa Sidayat usai membuat laporan di Polda Malut, Kamis (9/1/2020).

Mustafa menjelaskan, jika merujuk pada izin prinsip penataan ruang dari Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kota Ternate yang dimiliki, pengelolaan lahan letak lokasinya berada di RT 009/RW 004 Kelurahan Sango, tetapi kegiatan penambangan dilakukan saat ini masuk wilayah Kelurahan Tabam atau diluar dari wilayah izin yang diklaim.

“Kalau izin dari PTSP (DPMPTSP) Kota Ternate dengan nomor 503/113/IPPR/DPMPTSP/VIII/2019 yang mereka miliki sebagai dasar, itu lokasinya di Sango bukan di Tabam,” ujarnya.

Warga berharap dengan adanya laporan aktivitas penambangan batu angus di RT 004/RW 002 Kelurahan Tabam itu, Polisi dan mindaklanjuti dan dapat segera diselesaikan. Sebab pemanfaatan lahan yang dilakukan Hi Machmud Esa  selama ini, hanya mengambil keuntungan pribadi dari potensi batu angus untuk dijual ke kontraktor.

“Kami berharap jika Kepolisian bisa mengambil langkah cepat, apabila penambangan batu Hi Machmud ini tidak memiliki izin maka segera dihentikan,” harapnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut