Kepala BPKAD Janji Lunasi Tunggakan TKD ASN Morotai Sebelum Maret

  • Bagikan
Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Pulau Morotai, M Umar Ali, (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD) Kabupaten Pulau Morotai, M Umar Ali berjanji akan melunasi tunggakan Tunjagan Kinerja Daerah (TKD) Aparatur Sipil Negara (ASN) selama dua bulan yakni bulan Novemeber sampai Desember 2019, sebelum memasuki bulan Maret 2020.

“Terkait TKD dua bulan November dan Desember yang belum dibayar. Namun proses pembayarannya akan dilakukan bertahap yaitu di Januari dan Februari 2020, sesuai dengan kemampuan keuangan daerah,” kata Umar saat dikonfirmasi, Selasa (14/1/2020).

BPKAD juga telah mengumumkan kepada bendahara-bendara SKPD dipersilahkan minta Uang Persediaan (UP). Jika UP yang dibinta dibuatkan pertangung jawaban selesai, maka TKD para ASN di SKPD tersebut langsung dibayarakan.

“Kalau hari ini dia minta UP, dia buat pertangung jawaban selesai kita tetap bayar untuk November kita tetap bayar. Sedangkan untuk Desember kita bayar di Februari, Tapi kalau memungkinkan bisa kita bayar langsung November-Desember. Intinya tunggakan dua bulan itu kita tetap bayar lunas sebelum Maret,” tegasnya.

Terkait sejumlah SKPD yang TKD-nya sudah dibayar lunas sejak Desember 2019, Umar mengaku beberapa SKPD tersebut bekerja sesuai target sehingga tidak menunggak laporan dan TKD-nya dibayarakan.

“Pada saat Desember kemarin itu ada beberapa SKPD yang kami sudah bayar duluan, contohnya Rumah Sakit, Dinas Perikanan kami sudah bayarkan karena kinerja mereka terpenuhi sesuai target. Tapi itu tidak perlu dipersoalkan karena kita tetap bayar semua tunggakan itu,” cetusnya.

Sementara terkait gaji pegawai honorer, untuk tahun 2019 sudah terbayar secara keseluruhan ke masing-masing bendahara SKPD. Jika adan pegawai honorer yang belum menerima, dipersilahkan untuk bertemu langsung dengan bendahara SKPD tersebut.

“Gaji honor sudah selesai dari Desember kemarin, kalau masih ada yang komplen langsung saja ke Bendahara masing-masing. Karena honor itu kita sudah selesaikan dari Desember, jadi tidak ada masalah lagi soal itu,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut