Cuaca Ekstrim, Polda Malut Imbau Masyarakat Waspada

  • Whatsapp
Direktur Polairud Polda Maluku Utara Kombes Pol Djarot Agung Riadi (Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Cuaca ekstrim masih saja melanda wilayah perairan Maluku Utara (Malut), bahkan gombang di laut bisa mencapai 3 meter tingginya. Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit-Polairud) Polda Malut pun mengimbau kepada masyarakat untuk berhati-hati saat berlayar.

Direktur Polairud Polda Malut, Kombes Pol Djarot Agung Riadi mengatakan cuaca Malut saat ini cukup ekstrim dan gelombang di perkirakan mulai dari 1,5 sampai 2,5 meter bahkan sampai 3 meter tingginya.

Muat Lebih

“Saya mengimbau kepada masyarakat Maluku Utara yang akan melaksanakan keberangkatan mengunakan sarana kapal laut, tolong diperhatikan benar-benar keselamatan,” ungkap Djarot kepada KabarMalut, Selasa (21/1/2020).

Djarot mengatakan bagi masyarakat yang menumpangi transportasi spead boat atau kapal, ketika sudah berada di atas kapal langsung memanfaatkan life jacket sebagai antisipasi untuk keselamatan di perjalanan.

“Kita khawatir jika ada terjadi sesuatu, jika sudah mengunakan life jacket paling tidak bisa menjaga keselamatan. Akhir-akhir ini tinggi gelombang mungkin di perkirakan akhir Januari dan Februari itu gelombangnya masih tinggi, diharapkan jika berlayar harus berhati-hati,” imbulnya.

Personel Dit-Polairud juga diketahkan ke setiap pelabuhan untuk mengingat kepada masyarakat terkait cuaca ekstrim dan gelombang tinggi yang terjadi akhir-akhir ini. Selait itu, dilaksanakan pula kegiatan pemantauan SAR yang selalu standby.

“Kami selalu melakukan imbaun di seluruh masyarakat yang ada di pelabuhan kecil maupun pelabuhan besar di Malut, karena di tiap-tiap kabupaten ada pos-posnya dan itu selalu disampaikan kepada masyarakat untuk mengingatkan dengan kondisi setuasi cuaca yang cukup ekstrim,” pungkasnya. (*)

Pos terkait