Tingkat Ekonomi Masyarakat, Dit-Polairud Bagikan Keramba dan Tanam Pohon Mangrove

  • Bagikan
Anggota Dit-Polairud Polda Maluku Utara bersama masyarakat membangun keramba tancap (Istimewa)

TERNATE – Direktorat Polisi Perairan dan Udara (Dit-Polairud) Polda Maluku Utara (Malut) memberikan pelayanan kepada masyarakat di wilayah perairan dengan program yang sifatnya terobosan kreatif. Untuk ekonomi masyarakat, Dit-Polairud memberikan bantuan keramba bagi nelayan dan penanaman pohon mangrove.

“Kami melaksanakan pembagian keramba karena di Malut adalah laut dan nelayan tangkap. Jadi kami bersama masyarakat Kecamatan Gouria Kabupaten Halmahera Barat kami bekerja sama untuk membesarkan prodak ikan hasil tangkap mereka di laut,” kata Direktur Polairud Polda Malut, Kombes Pol Djarot Agung Riadi kepada KabarMalut, Selasa (21/1/2020).

Sebanyak 10 jaring keramba dibagikan kepada masyarakat nelayan dengan ukuran bervariasi yakni ukuran 4×4 meter dan 4×2 meter. Personil Dit-Polairud juga bersama-sama dengan masyarakat membangun keramba yang diberikan.

“Hasil untuk masyarakat tangkap ikan di laut yang besar diambil masyarakat, kemudian yang kecil ditampung ulang di keramba,” jelasnya.

Selian di Halbar, Dit-Polair juga membuat keramba apung di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) untuk budidaya ikan air tawar berupa ikan nila dan ikan mujair. Bahkan dilakukan penanaman sebanyak 10.000 pohon mangrove yang tersebar di Kabupaten Halut, Halmahera Tengah (Halteng) dan Kabupaten Halmahera Timur (Haltim).

“Penanaman pohon mangrove ini ditargetkan sebanyak 10.000 pohon dan sudah ditanam  3.500 pohon,” jelasnya.

Rencana penanaman juga dilakukan di beberapa daerah secara serentak, namun tanggalnya jadwal penanaman dari Kakorpolairud Baharkam Polri dengan launching Kapolri Jenderal Pol Idham Azis dan bekerja sama dengan Dinas Kelautan dan Perikanan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut