Pimpin HUT Satpam ke-39, Kapolres Haltim Minta Satpam Utamakan Pelayanan dan Perbanyak Senyum kepada Tamu

  • Whatsapp
Kapolres Halmahera Timur, AKBP Mikael P Sitanggang bertindak sebagai Inpektur Upacara pada Upacara HUT Satpam ke-39 (Istimewa)

BULI – Kepolisian Resor (Polres) Halmahera Timur (Haltim), memperingati Hari Ulang Tahun (HUT) Satuan Pengamanan (Satpam) ke-39.  HUT dengan mengusung tema ‘Satuan Pengamanan Berbasis Kompetensi Mewujudkan SDM Unggul untuk Terciptanya Situasi Kamtibmas yang Kondusif dan Terjamin Keamanan di lingkungan Kerja Menuju Indonesia Maju’ dipimpim langsung Kapolres Haltim, AKBP Mikael P Sitanggang selaku Inpektur Upacara (Irup).

AKBP Mikael P Sitanggang membacakan amanat Kapolri Jenderal Idham Azis. Dikatakan, bahwa eksistensi Satpam juga berkontribusi besar mendukung program proritas pemerintah, khususnya dalam hal memberikan jaminan keamanan terhadap upaya transformasi ekonomi, peningkatan Inventasi dan cipta lapangan kerja yang kondusif.

“Profesi Satpam memiliki peran strategis guna mendorong kemajuan bangsa dan kesejahteraan masyarakat,” ungkap Mikael saat memimpin Upacara yang berlangsung di lapangan upacara Polres Haltim, Rabu (22/1/2020).

Dalam kesempatan tersebut, Mikael mengingatkan kepada anggota Satpam agar utamakan pelayanan dan memperbanyak senyum kepada setiap tamu yang datang, serta tutur kata yang santun saat saat berbincang dengan tamu atau pengunjung yang datang.

“Juga harus bahagia walaupun di tempatkan tugas di hutan atau di mana saja, kalau dengan karakter ini kita gunakan maka apapun amarah seseorang akan lulur dengan sendirian,” ucap Kapolres.

Kapolres Halmahera Timur, AKBP Mikael P Sitanggang memeriksa kesehata untuk Kegiatan Donor Darah (Istimewa)

Dalam hal menangani pelaku tindak kejahatan, Satpam bisa mengambil tindakan kekerasan terbatas, tujuannya untuk melumpuhkan apa bila pelaku kejahatan saat ditangkap dan pelaku melakukan perlawanan, maka tindakan kekerasan terbatas digunakan untuk melumpuhkan pelaku bukan untuk menyiksa, namun dibuktikan dengan vidio.

“Apabila pelaku sudah diamankan, jangan lagi melakukan tindakan tambahan hingga babak belur, itu namanya menyiksa,” tegasnya.

Dalam upacara tersebut PT Nawakara Perkasa Nusantara, melalui Kapolres Haltim menyerahkan penghargaan kepada Robianus Batawi anggota Security yang telah berperstasi dalam melakukan tugas pengamanan assets di Antam Malut pada tanggal 05 Mei 2019 yang bersangkutan saat sedang melakukan tugas patroli dan menangkap 2 orang pelaku pencurian BBM.

Usai upacara, dilanjutkan dengan kegiatan Donor Darah bertempat di ruang persidangan Tri Brata Polres Haltim, guna membantu sesama umat manusia yang sakit dan sangat membutuhkan darah maka dapat dibantu.

“Ini juga salah satu amal Ibadah kita, yang telah menyalamatkan nyawa orang lain yang kita tidak kenal,” terangnya.

Jelang HUT Satpam ke-39, Polres Haltim juga melakukan penghijauan dan olahraga jalan santai yang melibatkan semua instansi yang ada di wilayah Kecamatan Maba, Sabtu (18/1). (*)

Pos terkait