Kepala Inspektorat Pulau Taliabu Instruksi Seluruh Kades Bagi Dokumen APBDes ke BPD

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Taliabu,Gesberd Tani (Istimewa)

BOBONG – Kepala Inspektorat Kabupaten Pulau Taliabu, Gesberd Tani menginstruksi seluruh Kepala Desa (Kades) untuk membagikan dokumen Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) kepada Badan Permusyawaratan Desa (BPD). Tujuannya, agar pembangunan di desa dapat terkontrol oleh BPD secara baik.

“Jangan ada lagi di 2020 itu yang dokumen APBDes tidak dipegang oleh BPD, karena BPD harus melakukan fungsi pengawasan , jangan sampai ditanya tentang pembangunan desa tidak diketahui oleh BPD, tapi tunjangan tiap bulan ambil,” ungkap Gesberd saat ditemui di ruangannya kerjanya, Senin (10/2/2020).

Dirinya sangat meyakini, jika seluruh Kades membagikan APBDes kepada BPD dan dikontrol dengan baik, maka potensi kerawanan korupsi atau penyelewengan Alokasi Dana Desa (ADD) maupun Dana Desa (DD) di tingkat desa dapat dicegah sehingga berdampak terhadap peningkatan pembangunan. Selain itu, target pencapaian program kerja dapat terlaksana sesuai alokasi anggaran di desa.

“Kalau fungsi kontrol BPD dia berjalan bagus, maka saya sangat yakin bahwa potensi untuk terjadi penyelewengan di desa itu kecil. Kalaupun ada kesalahan, maka itu adalah persoalan administrasi dan masalah sumber daya di desa yang kecil,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut