Panwascam Galela Buka Pendaftaran PPL

  • Whatsapp
Ketua Panwascam Galela, M Randi Dodagi (Istimewa)

TOBELO – Panitia Pengawas Pemilihan Kecamatan (Panwascam) Galela Kabupaten Halmahera Utara (Halut), mulai membuka pendaftaran Panitia Pengawas Lapangan (PPL) untuk Pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Halut tahun 2020.

Ketua Panwascam Galela, M Randi Dodagi mengatakan sesuai Petunjuk Tekhnis (Juknis) Rekrutmen PPL, tahap pendaftaran dan pelengkapan berkas dimulai 16-22 Februari 2020.

Muat Lebih

Selama tujuh hari itu, Panwascam yang sudah terbentuk dalam Kelompok Kerja (Pokja) Perekrutan PPL akan melakukan beberapa kegiatan, mulai dari pendaftaran, pemasukan berkas dan verifikasi berkas. Jika syarat administrasi dianggap telah terpenuhi, maka tahap selanjutnya adalah seleksi wawancara yang dilakukan langsung oleh tiga Komisioner Panwascam.

“Jadi sesuai Juknis seleksi PPL tidak lagi melalui tes tertulis, hanya verifikasi berkas, kalau dianggap sudah memenuhi syarat secara administrasi, maka kami (Komisioner Panwascam Galela) langsung melakukan tes wawancara kepada calon anggota PPL,” ungkap Randi kepada KabarMalut, Kamis (13/2/2020).

Lanjut dia, materi wawancara yang nantinya dipertanyakan kepada para calon anggota PPL yaitu meliputi pengetahuan kepemiluan, tugas dan kewenangan PPL, integritas dan penguasaan wilayah kerja PPL.

“Harapan kami, seleksi ini dapat melahirkan PPL yang berintegritas, memiliki kapasitas yang baik terkait pengawasan dalam Pemilihan Bupati nanti. Untuk Kecamatan Galela Panwascam membutuhkan PPL yang siap bekerja sepenuh hati untuk mengawasi setiap proses tahapan Pemilu. Anggota PPL yang kita butuhkan untuk Kecamatan Galela tahun ini sebanyak 7 orang,” ungkap Randi.

Perekrutan anggota PPL ini berdasarkan Peraturan Badan Pengawas Pemilihan Umum nomor 19 tahun 2017 sebagaimana diubah dengan Peraturan Badan Pengawasan Pemilihan Umum nomor 8 tahun 2019.

“Bagi pendaftar dapat mengambil formulir, surat pernyataan, dan daftar riwayat hidup di Sekretariat Panwas Kecamatan Galela yang bertempat di Desa Soasio jalan Hi Ali Soleman,” tuntas Randi. (*)

Pos terkait