Tertibkan Administrasi Kependudukan, Disdukcapil Halut Bakal Gelar Sweeping KTP

  • Whatsapp
Sekretaris Disdukcapil Halmahera Utara, Alber Bobangu (Istimewa)

TOBELO – Untuk mewujudkan ketertiban administrasi dan menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam membuat dokumen kependudukan, Dinas Kependudukan dan Pencacatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Halmahera Utara (Halut) rencananya pada 15 Februari mendatang akan menggelar sweeping Kartu Tanda Penduduk (KTP).

Sekeratris Disdukcapil Halut, Alber Bobangu menyebutkan penertiban administrasi kependudukan sebelumnya telah dilakukan pada tahun 2011 dan 2012 lalu, dengan tujuan untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat baik membuat KTP dan KK.

“Dokumen kependudukan sangatlah penting, namun nyatanya masih ada masyarakat yang belum membuatnya,” ungkap Alber kepada wartawan di kantornya, Kamis (13/2/2020).

Alber menjelaskan, kelengkapan kependudukan harus dimiliki masyarakat berdasarkan Peraturan Presiden (Perpres) nomor 26 tahun 2009 tentang Penerapan KTP berbasis NIK yang kemudian diubah dengan Perpres nomor 12 tahun 2013.

“Selanjutnya dalam sweeping dokumen kependudukan dan nantinya jika ditemukan ada masyarakat yang belum memiliki KTP, maka langsung diberikan pembinaan dan diarahkan untuk membuat KTP. Peralatan perekaman langsung disiapkan di kantor Camat Tobelo,” jelasnya.

Rencana sweeping ini telah dibicarakan sejak 7 Februari lalu yang melibatkan Disdukcapil, Camat Tobelo, Camat Tobelo Tengah, Danramil dan Polsek Tobelo.

“Untuk sweeping akan dipusatkan di Tobelo Kota dan jalur selatan akan dilaksanakan di jalan Pasar Wosia dan Pasar Buaele yang akan melibatkan instansi terkait lainnya seperti Satpol-PP dan pihak keamanan,” cetusnya. (*)

Pos terkait