Tiga Hari, 1.356 Buku Terjual di TBF 2020

  • Whatsapp
Kegiatan Ternate Book Fest (TBF) 2020 yang berlangsung di Duafa Center, Ternate (Istimewa)

TERNATE – Ternate Book Fest (TBF) 2020 baru saja resmi dibuka pada Senin 10 Februari 2020 yang berlangsung di Duafa Center, Ternate. Selama tiga hari, tercatat 1.356 eksemplar buku sudah terjual.

“Ini diluar ekspeitasi kami. Dihari pertama 624, dihari kedua 382 buku dan dihari ketiga 350 buku telah terjual,” kata Ketua Bidang Acara Wawan Iliyas dalam keterangnya, Kamis (13/2/2020).

Muat Lebih

Selama tiga hari, antusias pengunjang begitu tinggi. Pelajar, mahasiswa dan sejumlah orang tua datang membawa anaknya sekadar melihat dan membeli buku.

“Ada lomba sastra lisan Ternate. Ada dola bololo, dalil tifa. Kita juga bikin lomba foto candit dan selfi di lokasi acara,” ucapnya.

Selain bazar buku, pengunjung juga dapat menikmati sejumlah acara yang ditampilkan di panggung utama TBF 2020, seperti diskusi dan musikalisasi sastra lisan Ternate. Diskusi tentang literasi masa kini yang dipaparkan oleh Ceo Diva Press, Edi AH Iyebenu.

“Kami kaget juga, awalnya tidak akan menyangka pecinta buku akan sebanyak ini,” ujar Wawan Iliyas.

Ia mengaku, jumlah buku yang tersedia pada TBF 2020 ini sekira 12.000. Sedangkan untuk judul buku sekira 600 dari 20 penerbit nasional yang terlibat dalam event ini.

“Pemkot mungkin harus sediakan sarana yang bisa mendukung kegiatan literasi seperti ini. Mustahil sekali smart city tapi tidak diikuti dengan event literasi,” pungkasnya. (*)

Pos terkait