Sehari, Polda Malut Rekeman 2.000 Lebih Pelanggaran Lalu Lintas di Kota Ternate

  • Whatsapp
Koordinator Regional Traffic Management Center (RTMC) Dit-Lantas Polda Maluku Utara, IPDA Mega Nanda Windita (Istimewa)

TERNATE – Setelah terpasangnya Closed Circuit Television (CCTV) yang sudah tersebar di beberapa titik yang ada di Kota Ternate, kini Direktorat Lalu Lintas (Dit-Lantas) Polda Maluku Utara (Malut) merekam dalam kurun waktu sehari saja angka pelanggaran lalu lintas mencapai 2.000 lebih.

Koordinator Regional Traffic Management Center (RTMC) Dit-Lantas Polda Malut, IPDA Mega Nanda Windita mengatakan belum sampai sehari yang dipantau di ruangan RTMC angka pelanggaran sudah mencapai 1.517 pelanggaran terekam kamera CCTV mulai dari pagi hingga siang hari. Belum lagi dari waktu siang hingga malam hari, juga terekam hingga mencapai pelanggaran diatas 2.000 lebih.

“Untuk pelanggaran yang terekam itu lebih dominan pada pagi hari dan di sore hari yang lebih banyak, karena banyak aktifitas masyarakat,” ungkap Mega kepada wartawan, Selasa (18/2/2020).

Pelanggaran yang terekam CCTV sendiri, mulai dari tidak menggunakan helm, dilarang parkir, lawan arus, menerobos lampu merah, lawan rambu-rambu lalu lintas, mengenderai dengan kecepatan tinggi, mengenderai saat mengunakan hanphone dan gonceng lebih dari satu orang.

Mega menambahkan, dari beberapa poin yang ada di atas masih dominan pelanggaran tidak mengunakan helm. Bahkan untuk arus lalu lintas pengguna jalan yang masih dominan itu kenderaan roda dua pada pagi hari dan untuk siang hari juga kendaraan roda dua dan kendaraan roda empat sesuai yang terekam oleh CCTV.

“Di siang hari karena aktifitas anak sekolah yang baru pulang, sehingga arus lalu lintas pengguna jalan banyak kendaraan roda dua,” terangnya.

Nanda menambahkan, dengan terpasangnya CCTV ini diharapkan masyarakat Kota Ternate agar lebih tertib berlalu lintas di jalan raya, karena meski sekarang Dit-Lantas belum lakukan sistem tilang elektronik tetapi tahapan pemantauan pelanggaran telah dilakukan melalui CCTV.

“Jika kedepan sistem di RTMC sudah lengkap, maka akan langsung ditindak dengan cara menilang kepada yang bersangkutan karena sudah melanggar. Namun pelanggaran tilangnya akan dikirim langsung ke rumah yang bersangkutan,” pungkasnya. (*)

 

Pos terkait