Yayasan LBH Hibua Lamo Laporan Akun Agil Subur ke Polres Halsel

  • Whatsapp
Direktur Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Hibua Lamo, Safri Nyong saat menyerahkan bukti laporan ke Polres Halmahera Selatan (Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Yayasan Lembaga Bantuan Hukum (LBH) Hibua Lamo melaporkan akun facebook @Agil Subur ke Polres Halmahera Selatan (Halsel). Sesuai surat laporan nomor : 663.LP/DPP-YLBHS/II/262,  Agil Subur dilaporkan atas dugaan pencemaran nama baik Bupati Halsel Bahrain Kasuba sebagai Kapala Daerah dan atau penghinaan terhadap Kepala Daerah.

“Dengan ini hendak menyanpaikan pengaduan terkait dugaan pencemaran nama baik dan atau hinaan kepala daerah atau Bupati Halmahera Selatan Bahrain Kasuba yang dilakukan oleh saudara Agil Subur,” kata Direktur Yayasan LBH Hibua Lamo, Safri Nyong dalam keterangan lapornya, Selasa 18/2/2020.

Melalui grup whatsApp Dododmi Moi dan grup whatsApp Ikatan Keluarga Tobelo Galela (IKATOGALE) dengan mengedit foto Bupati menyama-nyamakan foto raja salam dengan menggunakan Bahasa ‘RAJA SALMAN dan RAJA SALAH JALAN’.

“Postingan yang sama juga terjadi di grup Facebook Pilkada Halmahera Selatan akun atas nama akun palsu Sarry Chantik,” sambung Safri.

Atas perbuatan tersebut, Agil Subur diduga menghina Pemerintah atau Badan Umum dengan lisan maupun tulisan yang bersangkutan tersebut diancam dengan pidana pasal 297 KUHP dan Pasal 27,28 UU ITE. Yang menjadi dasar dan alasan sehingga disampaikan laporan pengaduan ini pihaknya melampirkan hasil screenshot, foto copy dan nama- nama saksi.

“Saksi yang kami cantumkan yakni, Halit Manui Farid, Tomangoko, Imran, Ridwan Kamarullah dan Etos Lajamae,” sebut Safri.

Safri juga meminta Polres Halsel serius menangani laporan yang telah disampaikan agar kasus pencernaan nama baik terhadap pejabat daerah ini tidak terulang lagi dan dapat memberi efek jera bagi yang lain.

“Kami percayakan kepada penyidik Polres Halsel. Kami berharap kasus ini sampai di meja pengadilan,” cetus Safri.

Terkait hal ini pihak Polres Halsel melalui bagian SIUM membenarkan telah menerima laporan dari Yayasan Lembaga Bantuan Hukum Hibua Lamo di ruangan SIUM.

“Setlah ini kami tindak lanjuti ke pimpin kami dalam hal ini,” kata salah satu staf Bagian SIUM, Brikpa Andri.

Pos terkait