Kejari Halsel Terima Tahap Dua Tiga Tersangka Pemerasan Kapus Saketa

  • Bagikan
Kasi Pidum, Rizky Septa (Jaket hitam), Kajari Fajar Haryowimbuko (Kemeja putih) pada saat penyerahan tersangka Rusalan, Abdila dan M. Saifudin dari Penyidik Polres Halsel ke Kejari Halsel (Dahbudin/KabarMalut)

LABUHA – Kejaksaan Negeri (Kejari) Halmahera Selatan (Halsel) telah menerima berkas tahap dua tiga tersangka kasus dugaan penipuan dan pemerasan terhadap Kepala Puskesmas (Kapus) Saketa Kecamatan Gane Barat, Darmo Umar dari Penyidik Polres Halsel.

Ketiga tersangka tersebut yakni Direktur Korps Perjuangan Pemuda Pemudi Indonesia (KPPPI) Maluku Utara (Malut), Muhammad Safrudin alias Amat Edet dan Kepala Bidang Intelejen dan Investigasi DPD KPPPI Halsel, Ruslan Abdu alias Lan serta Abdila Amin oknum wartawan disalah satu media online.

“Bahwa pada hari ini (Jumat) telah diterima tahap dua dari penyidik Polres Halmahera Selatan, dengan penyerahan tersangka dan barang bukti,” kata Kasi Pidum Kejari Halsel, Rizky Sapta Kurniadhi di ruang kerjanya, Jumat (21/2/2020).

Oleh penyidik sambung Rizky,  ketiga tersangka tersebut disangkakan melanggar pasal 368 Jo. Pasal 55 ayat (l) ke-l KUHP atau Pasal 378 Jo. Pasal 55 ayat (l) ke-l KUHP.

“Dengan ancaman maksimal penjara selama 9 Tahun,” sebut Rizky.

Dikesempatan itu, Rizky merinci kronologi kejadian penipuan dan pemerasan yang dilakukan Amat Edet Cs ini, berawal pada Kamis(12/12/2019) sekitar pukul 15:30 WIT, ketiga tersangka yang merupakan Ketua dan anggota  KPPPI Maluku Utara melakukan pemerasan. Dalam aksi pemerasan ini ketiga tersangka juga mengatasnamakan oknum jaksa.

Mengetahui hal itu, Darmo Umar pun takut dan mengikuti permintaan ketiga tersangka tersebut dengan memberikan uang sebesar Rp 50.000.000 sesuai yang diminta Amat Edet Cs.

“Penyerahannya dilakukan di Sekretariat DPC KPPPI di Desa Marabose,” ujar Rizky.

Ketiga tersangka itu saat ini dititipkan di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Labuha sambil menunggu proses persidangan.

“Dititip dulu di Lapas kita tunggu sidangnya,” pungkas Rizky.  (*)

 

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut