Kepala Basarnas Ternate Resmi Tutup Pelatihan Potensi SAR 

  • Whatsapp
Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Muhamad Arafah mencopot kartu peserta saat menutup kegiatan Pelatihan Potensi SAR (Istimewa)

TERNATE – Kepala Kantor Pencarian dan Pertolongan (Basarnas) Ternate, Muhamad Arafah secara resmi menutup kegiatan Pelatihan Potensi SAR yang dilaksanakan di Ternate.  Kegiatan bertemakan ‘Melalui Technik Pertolongan di Ketinggian Bagi Potensi Pencarian dan Pertolongan di Provinsi Maluku Utara, Kita Tingkatkan Kompetensi SAR Guna Penyelenggaraan Operasi SAR yang Efektif dan Efisien’ ditutup dengan dilakukan upacara yang berlangsung di lapangan Basarnas Ternate, Sabtu (22/2/2020).

Secara pribadi maupun selaku Kepala Basarnas Ternate, Arafah menyampaikan mengaku bangga dengan adanya Pelatihan Potensi SAR, sebab sekaligus menjadi mitra kerja Kantor Basarnas Ternate dalam menangani musibah maupun bencana yang terjadi di wilayah kerja Basarnas Ternate.

“Semoga kegiatan ini menjadikan penanganan operasi SAR di wilayah Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate semakin solid dan terorganisir dengan baik pada saat operasi SAR berlangsung,” kata Arafah dalam sambutanya.

Arafah juga menambahkan selesai kegiatan Pelatihan Potensi SAR ini, bukan berarti tugas Basarnas dan para peserta sudah selesai. Namun justeru ini adalah awal dari tugas berat sebenarnya yang menanti di depan kita semua.

“Kita memang tidak mengharapkan terjadinya musibah, tetapi kita harus dapat mengantisipasi kemungkinan-kemungkinan apabila musibah itu terjadi,” jelasnya.

Pada kesempatan itu, Arafah berpesan agar kemampuan dan keterampilan SAR yang dimiliki para peserta hendaknya terus diasah dan dipelihara serta ditingkatkan, bahkan dapat diteruskan kepada masyarakat luas, sehingga potensi SAR yang dimiliki oleh Kantor Pencarian dan Pertolongan Ternate semakin handal dan professional dan dilanjutkan uji kompetensi pada tanggal 24-25 Februari 2020.

Sementara itu, Ketua Panitia Pelaksana, Halidin Labidu dalam laporannya menyampaikan sejak hari pertama penyelenggaraan pelatihan ini dimulai pada tanggal 17 Februari 2020 sampai selesai. Keseluruhan materi telah disampaikan dengan baik dan dilakukan oleh peserta dengan baik.

“Terkait dengan materi pelatihan ini dilakukan materi kelas, demonstrasi peragaan dan latihan di perairan terbuka,” kata Halidin.

Sesuai dengan tugas-tugas Pelatihan Potensi SAR, Kasubsie Sumber Daya Basarnas Ternate ini berharap semoga berguna bagi peserta untuk meningkatkan keterampilan individual atau kelompok dalam penanganan musibah dan selalu siap melaksanakan tugas kemanusiaan kapanpun dan dimanapun pada saat dibutuhkan.

“Hasil evaluasi dari 56 peserta yang berhak mengikuti uji kompotensi 51 orang dan belum bisa mengikuti uji kompotensi 5 orang,” pungkasnya. (*)

Pos terkait