Bawaslu Gelar Musyawarah Sengeketa Proses Pilkada Halsel

  • Bagikan
Musyawarah Sengeketa Proses Pilkada Halmahera Selatan (ist)

LABUHA – Bawaslu Halmahera Selatan (Halsel) menggelar Musyawarah Sengketa Proses Pilkada. Hal ini dilakukan setelah ada gugatan dari bakal pasangan calon (Bapaslon) Bupati dan Wakil Bupati Perseorangan, Jaya Lamusu dan Ali Jaidun (Jaya-Aja) terhadap Komisi Pemilihan Umum (KPU).

“Agenda tadi pembacaan gugatan pemohon dalam hal ini Bapaslon Jaya dan Ali Jaidun.  Besok mendengarkan tanggapan termohon dalam hal ini KPU,” kata Kasubag Hukum Bawaslu, Halsel Tabrik S Talib, Senin (2/3/2020).

Sementara Bapaslon Perseorangan Jaya-Aja melalui kuasa hukum, Yusman Arifin mengajukan 10 item gugatan kepada KPU. Dimana dalam materi pemohon tersebut, intinya calon perseorangan tetap menolak secara tegas statement Ketua KPU Halsel Darmin Hi Hasim yang menyatakan bahwa gagalnya transfer data dukungan pemohon dari Sistem Informasi Pencalonan (Silon) offline ke SILON online disababkan terdapat data KTP ganda identik yang diinput secara berulang kali.

“Maka alasan yang digunakan ketua KPU itu tidak masuk akal, menyesatkan dan tentunya sangat prematur,” sebut Yusman dalam dalil gugatannya.

Berdasarkan uraian tersebut maka pemohon meminta kepada Bawaslu Halsel untuk menjatuhkan putusan 1) Mengabulkan permohonan pemohon untuk seluruhnya, 2) Membatalkan nota pengembalian dokumen dukungan bakal calon perseorangan Jaya Lamusu-Ali Jaidun pada pemilihan umum kepala daerah dan wakil kepala daerah tahun 2020 yang diterbitkan oleh KPU pada pukul 22.30 WIT hari Minggu 23 Februari 2020, 3) Meminta kepada KPU Halsel untuk menerima kembali penyerahan dokumen dukungan bakal calon Bupati dan Wakil Bupati, Jaya Lamusu-Ali Jaidun yang terdiri dari formulir model B.1- KWK Perseorangan, formulir model B.1.1- KWK Perseorangan dan formulir model B.2 – KWK Perseorangan,

4) Meminta kepada KPU Halsel untuk melakukan pendampingan transfer data dukungan dari data manual ke SILON kepada pemohon Jaya Lamusu-Ali Jaidun dan 5) Meminta kepada KPU Halsel untuk melaksanakan putusan ini.

Hadir dalam sidang tersebut, Ketua dan Anggota Bawaslu Halsel, Komisioner KPU Halsel, Calon Bupati dan Wakil Bupati, Jaya Lamusu-Ali Jaidun (Jaya-Aja) didampingi Kuasa Hukumnya Yusman Arifin. (*)

  • Bagikan

Respon (1)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut