Bupati Kepsul Serahkan Bantuan 20 Unit Perahu Ketinting ke Nelayan Waiboga

  • Bagikan
Bupati Kepulauan Sula, Hendrata Thes saat menyaksikan penandatanganan berita acara penyerahan bantuan perahu ketinting besrta mesinya (Istimewa)

SANANA – Bupati Kepulauan Sula (Kepsul), Hendrata Thes menyerahkan bantuan berupa 20 unit perahu ketinting kepada masyarakat nelayan Desa Waiboga Kecamatan Sula Besi Tengah.

Bupati Kepsul, Hendrata Thes megaku berkeinginan mengembangkan Desa Waiboga untuk lebih dari desa lainnya. Hal ini bisa dilakukan melalui prioritas Pemerintah Daerah (Pemda) Kepsul di berbagai sisi baik perikanan, pertanian, pendidikan dan kesehatan.

Untuk itu, Hendrata meminta Dinas Kelautan dan Perikanan bisa memberikan solusi bagi pengelolaan usaha perikanan di Desa Waiboga.

“Saya minta kepada Kadis Perikanan agar bisa memfasilitasi masyarakat terutama kelompok nelayan,” kata Hendrata di hadapan masyarakat Desa Waiboga, Kamis (5/3/2020).

Menurutnya, produksi usaha menengah masyarakat tidak harus dijual di Sanana. Pemda bersedia memfasilitasi pemasaran hasil produksi ke luar daerah.

“Misalnya pesawat Trigana itu kargonya besar, kenapa kita tidak manfaatkan itu untuk mendorong usaha kecil menengah keluar daerah,” kata Hendrata.

Lebih lanjut Hendrata menyinggung kondisi ekonomi dunia yang menurutnya tengah dihadapkan dengan wabah virus corona atau Corvid-19. Untuk itu lanjut Hendrata, masyarakat sudah harus mandiri dengan tidak berharap suplai kebutuhan dari daerah lain.

“Pemda harus memberikan bantuan terutama dari tingkat bawah. Melalui HKTI juga mulai menyediakan posko konsultasi pertanian,” pungkas Hendrata.

Sementara itu, Kades Waiboga Hasanudin Tidore menuturkan dengan bantuan tersebut diharapkan dapat mendorong ekonomi masyarakat terutama di bidang perikanan. Dia juga berharap, Pemda Kepsul bisa menaruh perhatian penuh kepada masyarakat Waiboga.

“Kita berharap semuanya bisa membantu meningkatkan ekonomi masyarakat di Waiboga maipun Desa Umaga,” kata Hasanudin.

Perlu diketahui, selain 20 unit perahu ketinting, Pemda Kepsul juga menyerahkan 62 unit mesin ketinting berkapasitas 5,5 PK terhadap nelayan setempat. Bupati juga menyerahkan hibah 1 unit motor kaisar untuk dijadikan pengangkut sampah di desa tersebut.

Acara dilanjutkan dengan penyerahan mesin secara simbolis oleh Sekretaris Daerah Kepsul Syafrudin Sapsuha dan alat tangkap oleh anggota DPRD Dapil II, Ajis Umanahu. (Ul/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut