Seorang Warga Obi Diduga Terinfeksi Virus Corona

  • Bagikan
Ilustrasi: Penanganan pasien penderita virus corona

LABUHA – Seorang warga Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), Provinsi Maluku Utara (Malut) diduga terinfeksi Virus Corona (COVID-29). Warga pada salah satu asal desa di Kecamatan Obi ini saat ini masih berada di Obi.

“Dikenal warga Obi, indikasi kena virus corona,” kata salah satu tenaga perawat Rumah Sakit Obi, Senin (9/3/2020).

Warga yang diketahui berjenis kelamin laki-laki ini diketahui baru saja melakukan perjalanan pulang dari negara tetangga yakni Malaysia.

“Dia baru dari Malaysia, pulang lewat jalur laut lewat Kalimantan,” sambungnya.

Pelaksanaan Tugas (PLT) Kepala Dinas Kesehatan Halsel, Hasna Muhammad menjelaskan saat ini sedang melakukan observasi kepada warga yang diduga terinfeksi virus Corona. Hal itu dilakukan sesuai perintah dari pemerintah Pusat.

Hasna menambahkan, salah satu warga Obi yang diduga terinfeksi virus Corona itu sudah berusia 80 tahun dan memiliki beberapa riwayat penyakit hipertensi (Darah tinggi). Selain itu batuk dan suhu badannya meningkat.

Namun informasi terakhir dari pihak Rumah Sakit Obi bahwa sejauh ini kondisi kesehatannya sudah membaik. Perubahan kesehatan pasien tersebut ditandai dengan suhu badannya terus menurun, batuk yang dialami juga sudah berkurang.

“Karena dia memang ada riwayat batuk. Sampai hari ini suhu badannya sudah turun, tekanan darah tadi itu 168. Kita tetap melakukan perawatan rutin,” ujar Hasna.

Dinkes juga melakukan koordinasi dengan rumah sakit di beberapa provinsi yang ditunjuk sebagai rumah sakit  rujukan bagi penderita yang dinyatakan positif Corona.

“Saat ini kami melakukan observasi dulu, melihat perkembangan kesehatannya,” tutup Hasna

Sementara itu, Direktur RSUD Labuha Aisa Hasjim mengaku RSUD Labuha sementara ini sudah siapkan ruang isolasi bagi penderita penyakit menular. Namun untuk pemeriksaan laboratorium menegakkan diagnosa harus ke RSUD Chasan Boesoirie di Kota Ternate.

“RSUD Ternate menjadi RS rujukan yang ditunjuk,” sebut Asia. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut