Bupati Halsel Hadiri Rakernas KSBN di Yogyakarta

  • Bagikan
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba saat menghadiri Rakernas (ist)

LABUHA – Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba hadiri Rapat Kerja Nasional II (Rakernas) yang digelar oleh Komite Seni Budaya Nasional (KSBN) di Gedung PPSDM Kementerian Dalam Negeri Regional Yogyakarta mulai Senin (9/3) hingga Selasa (10/3). Dalam Rakernas  tersebut dibahas beberapa agenda utama KSBN yang akan diadakan  dalam 5 tahun kedepan, salah satunya adalah Festival Pesona Negeri Saruma (FPNS) di Kabupaten Halmahera Selatan pada Bulan Mei tahun 2021.

Selain itu, Daud Djubedi selaku Ketua Harian KSBN Provinsi Malut yang turut mendampingi Bupati mengatakan bahwa dalam Rakernas tersebut Bupati juga diminta untuk memaparkan kesiapan Halmahera Selatan terkait rencana kegiatan Napak Tilas Fernando de Magallanes (Magelhaens)  yang memimpin ekspedisi keliling dunia pertama.

 “Kapal-kapal dari 12 negara akan dilepas dari Sevilla, Spanyol pada mei 2020 dan akan berlayar selama satu tahun untuk kemudian sampai ke Indonesia,  dan akan tiba di Halmahera Selatan pada Mei 2021”, jelas Daud Djubedi.

 Daud mengungkapkan bahwa patut disyukuri Halsel di percaya oleh KSBN untuk menggelar acara berlevel internasional. Kegiatan ini juga agar dunia dapat mengetahui sejarah perjalanan Magelhaens ke Maluku yang diawali dengan perjanjian Tordesillas antara Spanyol dan Portugis.

  “Perjalanan ini diawali dengan perjanjian Tordesillas antara Spanyol dan Portugis berlayar kearah timur kemudian bertemu di Maluku”, ungkapnya.

 Kegiatan Napak Tilas Magelhaens nantinya akan dirangkaikan dengan FPNS II, terkait kesiapan Halsel Mujiburrahman Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan  menuturkan ada lima titik lokasi yang sudah disiapkan oleh Pemerintah Daerah Halsel, serta berbagai fasilitas pendukung lainnya.

 “Bupati sudah sangat siap dan telah menyiapkan lima titik lokasi diantaranya Selat Pogo-pogo, Nusa Ra, Pantai Omamoi, Tawa (tempat wisata air Panas) dan Gelora Bahrain Kasuba serta berbagai fasilitas pendukung lainnya seperti hotel”, tuturnya.

 Mujiburrahman menyampaikan bahwa Bupati saat memaparkan kesiapan Halsel juga mengutarakan harapannya agar kegiatan tersebut dapat terlaksana sampai hari H dan Halsel dapat didukung oleh Pemerintah Pusat dan Pemerintah Provinsi. Lebih lanjut, Kabag Protokoler dan KP ini mengatakan bahwa dengan adanya kegiatan Napak Tilas Magellhaens  yang juga menghadirkan Tamu dari 12 negara serta kegiatan FPNS yang  nantinya juga akan mendatangkan wisatawan lokal akan membuat Halsel lebih dikenal oleh Dunia.

 “Kegiatan ini dapat mendorong pertumbuhan ekonomi dan memperkenalkan Halsel serta menarik wisatawan lokal maupun mancanegara”, ujarnya.

 Pada Rakernas II KSBN Bupati Halsel Bahrain Kasuba selaku Ketua Umum KSBN Provinsi Maluku Utara menerima Plakat yang diserahkan langsung oleh  Ketua Umum KSBN Pusat Mayjen TNI (Purn) Hendardji Soepandji. Turut mendampingi Bupati  dalam Rakernas II KSBN tersebut Sekertaris Daerah Helmi Surya Botutihe, Kadis Pendidikan dan Kebudayaan, Kadis DPKAD, Kadis Pariwisata, Kadis Perikanan, Kadis Nakertrans, Kadis DPM-PTSP, Kepala BPBD, serta Kabag Protokoler dan Komunikasi Pimpinan.(*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut