Jaga Integritas, Dinas PUPR Teken MoU dengan Ombudsman Malut

  • Bagikan
Kepala Dinas PUPR Maluku Utara, Santrani Abusama dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Maluku Utara, Sofyan Ali saat melakukan Penandatanganan MoU tentang Pengawasan dan Pendampingan Administrasi Pada Kegiatan Fisik dan Non Fisik tahun 2020 (Istimewa)

SOFIFI – Guna menjaga integritas seluruh staf dan pimpinan di Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Maluku Utara (Malut) dalam melaksanakan tugas sesuai ketentuan hukum, Kepala Dinas PUPR Malut, Santrani Abusama menggandeng Ombudsman RI Perwakilan Malut untuk mengawasi dan medampingan administrasi kegiatan fisik dan non fisik tahun 2020.

Kepala Dinas PUPR Malut, Santrani Abusama bersama Kepala Ombudsman RI Perwakilan Malut, Sofyan Ali secara resmi telah melakukan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) yang berlangsung di aula pertemuan Dinas PUPR Malut, Selasa (10/3/2020).

Selaku pimpinan di Dinas PUPR Malut, Santrani mengatakan kerjasama ini untuk menjaga dari hal-hal buruk yang dikenal dengan nama mal-administrasi dan lainnya. Peran Ombudsman  sangat besar, kewenangannya bahkan mampu merekomendasikan untuk lanjut ke penegak hukum, bahkan Ombudsman antibodi dan punya kewenangan.

“Banyak pihak yang berfikir kalau kerjasama mereka takut, tapi saya berfikir kalau kita kerja betul buat apa takut,” ujar Santrani dalam sambutanya.

Santrani mengingatkan anak buahnya untuk tidak melakukan tindakan koruptif seperti tidak ambil volume, tidak melakukan persengkongkolan dengan pihak ketiga untuk menipu kepala dinas.

“Tapi kita ini manusia sehingga butuh diawasi, olehnya itu perlu kerjasama dengan Ombudsman untuk ikhtiar, olehnya itu saya juga bekerja sama dengan wartawan untuk mengawasi kita semua,” tegasnya.

Santrani menginginkan bekerja dalam kebaikan bukan dalam kejahatan, dan tidak mau dalam perjalanan nanti melakukan kesalahan lalu meminta Ombudsman untuk membantu menutupi kesalahan.

“Saya berharap pada para Kabid dan PPK dan Pengawas untuk sama-sama bekerja dengan baik, jangan nanti misalnya selesai bekerja lalu ada yang dipanggil oleh penegak hukum,” tambahnya.

Dalam kesempatan yang sama, Kepala Ombudsman RI Perwakilan Malut, Sofyan Ali menyebutkan, kerjasama ini menjadi sesuatu yang sangat membahagiakan, menunjukan kesadaran untuk taat kepada aturan.

“Kerjasama ini tepat pada hari ulang tahun Ombudsman RI, dan ini menjadi hari yang sangat menyenangkan bagi kami, Ombudsman sebagai lembaga negara, yang melakukan pengawasan terhadap pelayanan publik termasuk swasta yang menggunakan anggaran negara,” ujarnya.

Menurutnya, dalam proses pelayanan publik yang menjadi fokus Ombudsman adalah jasa publik, barang publik dan administrasi publik. Tujuannya adalah agar masyarakat mendapatkan pelayanan terbaik.

“Ada dua cara Ombudsman dalam bekerja pertama terhadap laporan masyarakat yang melaporkan terjadinya mal-administrasi dalam melakukan pelayanan, misalnya menyalahi kewenangan, penundaan berlalu, meminta imbalan jasa yang dilakukan. Saya mengetahui cara-cara persengkongkolan buruk antara pelaksana dan kontraktor,” ujarnya.

Selain itu, kata Sofyan, informasi atas inisiatif Ombudsman, salah satu melalui media pemberitaan dengan itu Ombudsman dapat melakukan investigasi.

“Ombudsman memang selama ini telah melakukan kerjasama dengan kepolisian, sehingga mampu melacak dugaan-dugaan pelanggaran,” tegasnya.

Tak hanya itu, Sofyan mengatakan fungsi kedua Ombudsman yaitu melakukan pencegahan, seperti mendeteksi kemungkinan terjadinya pelanggaran mal-administrasi yang mengarah pada proses korupsi, karena tidak ada satu perbuatan korupsi itu mulai dari mal-administrasi.

“Kami sangat mengapresiasi atas kerjasama yang diinisiasi oleh kepala dinas, dengan adanya kerjasama ini maka lebih mudah untuk melakukan investigasi, meskipun tidak ada kerjasama kita tetap akan melakukannya,” ungkapnya.

Usai memberikan sambutan, Kepala Dinas PUPR Malut dan Kepala Ombudsman RI Perwakilan Maluku Utara melakukan penandatanganan nota kerjasama, yang disaksikan oleh para Kabid dan seluruh staf Dinas PUPR Malut. (Adv/*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut