PT Indotan Resmi Kuasai Saham PT NHM

  • Whatsapp
Pemilik PT Indotan, H Robert Nithiyudo bersama karyawan PT NHM (Istimewa)

JAKARTA – PT Indotan Halmahera Bangkit (Indotan) resmi menguasai kepemilikan saham perusahan pertambangan PT Nusa Halmahera Minerals (NHM) di Kabupaten Halmahera Utara (Halut) Maluku Utara (Malut) yang selama ini dipegang Newcrest. Hal ini setelah dilakukan penandatanganan dokumen penyelesaian divestasi pada Rabu (4/3) di Jakarta.

Specialist External Communications PT NHM, Ramdani Sirait mengatakan dengan penandatanganan dokumen tersebut maka Newcrest telah menjual 100 persen kepemilikannya di Newcrest Singapore Holdings Pte Ltd yang memiliki 75 persen saham Newcrest di PT (NHM) kepada Indotan. Sisahnya sebanyak 25 persen saham lainnya di PTNHM, masih tetap dimiliki oleh PT Aneka Tambang Tbk (Antam).

Bacaan Lainnya

“Dengan demikian, Indotan resmi menjadi pemilik mayoritas saham PT NHM yang mengoperasikan Tambang Emas Gosowong di Kabupaten Halmahera Utara, Provinsi Maluku Utara. Indotan sangat mengapresiasi penyelesaian divestasi ini karena mulai Rabu 4 Maret 2020, PT NHM murni 100 persen menjadi perusahaan nasional Indonesia atau Penanaman Modal Dalam Negeri (PMDN),” kata Ramdani kepada KabarMalut, Senin (8/3/2020).

Divestasi saham Newcrest di PT NHM, lanjut Ramdani, merupakan implementasi kepatuhan terhadap amandemen Kontrak Karya PT NHM pada Juni 2018. Setelah melalui proses yang panjang selama kurang lebih 18 bulan, Newcrest akhirnya menemukan pihak yang tepat untuk meneruskan Tambang Emas Gosowong yang telah beroperasi selama 20 tahun.

“Prioritas PT NHM kedepan adalah terus menggiatkan eksplorasi dalam mencari cadangan emas baru untuk melanjutkan operasional Tambang Emas Gosowong agar tetap berproduksi dan menguntungkan, serta memberikan manfaat kepada pemegang saham, karyawan, masyarakat dan Pemerintah,” terangnya.

Untuk mewujudkan visi tersebut, Manajemen baru PT NHM telah memutuskan untuk melakukan investasi untuk eksplorasi dan pembelian unit alat-alat pertambangan yang baru untuk memaksimalkan penemuan cadangan emas baru di Gosowong. Investasi itu, serta dukungan dari seluruh karyawan PT NHM adalah semangat baru yang ada untuk menciptakan harapan baru di Tambang Emas Gosowong.

“Dalam aspek ketenagakerjaan, PT NHM akan tetap menghormati hak-hak karyawan dan patuh terhadap Undang-Undang Ketenagakerjaan Indonesia yang berlaku, termasuk Perjanjian Kerja Bersama (PKB) dan Kesepakatan antara Manajemen dan Serikat Pekerja PT NHM di Makassar (Kesepakatan Makassar). Saat ini proses implementasi Kesepakatan Makassar masih dalam penyelesaian,” jelasnhya.

Dengan demikian, Indotan akan menjadikan PT NHM terus produktif dan terus memberikan kesejahteraan bagi karyawan dan keluarga, dan terus berkontribusi kepada masyarakat, Pemerintah Indonesia, Pemerintah Kabupaten Halmahera Utara, serta Pemerintah Provinsi Maluku Utara. (*)

Pos terkait