Berhasil Ditangkap, Napi Kabur Saat Dirawat Dipastikan Tak Dapat Remisi

  • Bagikan
Petugas Rutan Kelas IIB Ternate ketika menggiring Dirgan Sawal Ladina Napi yang sempat kabur saat dirawat di Rumah Sakit (Istimewa)

TERNATE – Petugas Rumah Tahanan (Rutan) Kelas IIB Ternate, berhasil menangkap Dirgan Sawal Ladina (24), narapidana perkara pencurian yang sempat kabur saat menjalani perawatan di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Chasan Boesoirie Ternate, Sabtu (14/3). Sebagai hukuman tambahan, Rutan memastikan Dirgan tidak  mendapatkan sejumlah hak sebagai narapidana seperti hak remisi.

“Narapidana yang kabur tidak akan dapat remisi lebaran dan 17 Agustus,” kata Kepala Rutan Kelas IIB Ternate, Sujatmiko saat dikonfirmasi, Minggu (15/3/2020).

Sujatmiko menambahkan, seharunya lelaki asal Pulau Obi Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel) itu pada bulan Juli mendatang sudah bebas bersyarat. Namun perbuatanya melarikan diri, maka hak tersebut juga tidak diberikan.

“Dia masuk dalam register x, itu masuk dalam pelanggaran tata tertib dan dikenakan konsekuensi tidak akan mendapatkan remisi. Karena kabur, semua haknya ditiadakan,” tegasnya.

Dirga sendiri ditangkap ketika naik Ojek Pangkalan (Opan) di Kelurahan Makasar tetapi tidak mempunyai tujuan dan hanya keliling-keliling seputaran Kota Ternate. Opan yang merasa kesal, kembali mengantarkan Dirga di tempat sebelumnya namun ketika dimintai untuk membayar, dirinya tidak mempunyai uang dan memilih kabur.

“Karena dia tidak punya uang, tukang ojek yang berada di pangkalan nyaris keroyok dia, kebutulan di saat yang bersamaan salah satu pegawai Rutan Kelas IIB Ternate lewat dan melihat dia, sehingga langsung mengamankan dia,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut