Antisipasi Penyebaran Virus Corona, Ini 14 Poin Langkah Penanganan Pemda Halut

  • Bagikan
Suasana pertemuan Bupati dan OPD pencegahan virus Corona di Halut (Ronald/KabarMalut)

TOBELO – Mengantisipasi penyebaran bahaya Virus Corona di Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, Pemerintahan Daerah (Pemda) Halut gelar rapat pembahasan penanganan Virus Corona, yang dilaksanakan di ruang meeting Bupati Halut.

“Pertemuan hari ini ada sebanyak 14 poin yang menjadi kesepakatan bersama antara Bupati Halut dan pimpinan OPD untuk penanganan Virus Corona di Halut,” kata Deky Tawaris selaku Juru Bicara Pemda Halut kepada KabarMalut, Senin (16/03/2020).

Deky mengatakan 14 poin yang menjadi kesepakatan diantaranya, 1) Pembentukan tim Satgas Penanganan Virus Corona, 2) Membatasi pertemuan yang melibatkan banyak orang. Pertemuan dilakukan melalui aplikasi android/IT, WA group, 3) Membatasi perjalanan dinas keluar daerah,  4) Membatasi arus masuk keluar di bandara pelabuhan, 5) Menjaga pola hidup sehat dan bersih, 6) Membatasi jabat tangan dalam pertemuan, 7. Memberikan sosialisasi dan pemberian leaflet kepada masyarakat, pelajar dan mahasiswa, 8) Memasangkan spanduk pencegahan Virus Corona di kantor desa, kantor camat, kantor dinas dan tempat umum, 9) Membuat edaran atau brosur untuk dibagikan kepada masyarakat.

10) Posko penanganan Virus Corona di dinas kesehatan, 11) Call center Virus Corona, 12) Menerapkan prosedur Kesehatan apabila sakit (Demam, batuk flu), 13) Tempat karantina orang yang datang dari tempat daerah terinfeksi, 14) RSUD Tobelo dan Dinas Kesehatan menerapkan SOP untuk penanganan pasien Virus Corona.

Hasil pertemuan tersebut, menurut Deky akan diberlakukan pada Selasa (17/3) besok hari.

“Waktu dekat poin-poin ini akan dikerjakan dan disosialisasikan kepada masyarakat, untuk penanganan Virus Corona di Halut,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut