Bupati Halsel Instruksikan Bentuk Satgas Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19

  • Bagikan
Bupati Halmahera Selatan, Bahrain Kasuba (Istimewa)

LABUHA – Pemerintah Daerah (Pemda) Halmahera Selatan (Halsel) merespon instruksi Pemerintah Pusat terkait pencegahan dan penanganan merebaknya Virus Corona atau Covid-19. Bupati Halsel, Bahrain Kasuba mengintruksikan untuk segera membentuk Satuan Tugas (Satgas) Pencegahan dan Penanggulangan Covid-19, sertadinas terkait untuk menyiapkan kebutuhan-kebutuhan terkait kesiapan tersebut.

“Menyiapkan kebutuhan Rumah sakit seperti ruang isolasi, alat pelindung diri (APD) dan hal lain yang dibutuhkan,” ungkap Kepala Bagian Protokoler dan Komunikasi Pimpinan Setda Halsel, Mujiburrahman, Senin (16/3/2020).

Mujiburrahman mengungkapkan bahwa hal ini dilakukan sebagai bentuk persiapan pencegahan serta kewaspadaan. Dinas terkait juga diminta untuk melakukan sosialisasi terhadap masyarakat terkait pencegahan bahaya Covid-19.

“Sesuai instruksi Bupati, Dinas Kesehatan dan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) agar meningkatkan kewaspadaan serta sosialisasi kepada masyarakat mengenai cara penularan dan pencegahan Covid-19,” terangnya.

Terkait Tenaga Kerja Asing (TKA) hanya boleh masuk ke Halsel apabila telah menjalani karantina selama 14 hari sebelumnya di luar Halsel atau Maluku Utara.

“Jadi, yang tidak memiliki surat keterangan telah menjalani karantina tidak akan diterima di Halsel,” tegasnya.

Hal lain yang juga diimbau kepada seluruh masyarakat Halsel untuk tidak keluar rumah terlalu sering, kurangi kontak fisik, selalu jaga kebersihan.  Yang terpenting, masyarakat harus menerapkan Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) atau Gerakan Masyarakat Sehat (Germas) untuk mencegah penyebaran penyakit menular.

“Untuk pegawai juga diimbau untuk tidak keluar daerah, jika tidak ada instruksi penting dari bupati, begitu juga masyarakat agar mengurangi intensitas keluar daerah,” tuturnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut