Dispora Pulau Morotai Jamin Tak Ada Titipan Dalam Seleksi Calon Paskibraka

  • Bagikan
Kepala Dispora Pulau Morotai, Yanto A Gani saat memberikan arahan kepada peserta bakal calon Paskibraka di lapangan Bangsaha Merah Putih (Istimewa)

DARUBA – Dinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Kabupaten Pulau Morotai, memastikan seleksi bakal calon Pasukan Pengibar Bendera Pusaka (Paskibraka) dilakukan secara terbuka, tanpa ada titipan ataupun kecurangan melalui tes tinggkat kecamatan sampai pada tes seleksi di kabupaten

Kepala Dispora Pulau Morotai, Yanto A Gani mengatakan seleksi bakal calon Paskibraka tahun 2020 di tingkat kecamatan telah dilangsungkan sejak tanggal 9-16 Maret 2020 oleh tim seleksi (timsel) yang di SK-kan Dispora dengan nomor: 427.A/Kep.Timsel/III/2020. Sebagai persyaratan bakal calon Paskibraka Morotai 2020, selain sehat jasmani, tes pengetahuan wawasan kebangsaan dan tinggi badan juga menjadi syarat utama, masing-masing untuk putra 170 cm dan putri 165 cm. Peserta yang ikut adalah siswa aktif setiap sekolah yang rata-rata duduk di kelas X dan sebagian kelas IX.

“Seleksi ini tidak ada yang namanya titipan, yang pasti kami seleksi dengan benar dan berdasarkan aturan. Kalau tidak memenuhi syarat, maka tidak akan lulus,” ungkap Yanto kepada KabarMalut, Senin (16/3/2020).

Tahapan sekarang masih pada selekti tingkat kecamatan, selanjutnya pada 18 Maret 2020 baru seluruh bakal calon Paskibraka dikumpul untuk dilakukan seleksi tingkat kabupaten. Peserta calon Paskibraka dari tingkat kecamatan yang lulus seleksi untuk mengikuti tingkat kabupaten tercatat sebanyak 104 orang.

Dari jumlah 104 peserta, akan disaring hingga tinggal 36 peserta dan akan diikuti Diklat di karantina untuk mengikuti Diklat Paskibara selama kurang lebih satu bulan.

“Harapan saya sebagai penanggung jawab kegiatan ini diberikan seluasnya kepada seluruh siswa yang memiliki kemauan dan cita-cita untuk dapat ikut serta mengikuti seleksi ini. Kepada Timsel agar dapat melaksanakan tugasnya sesuai dengan ketentuan dan standar yang telah ditetapkan serta mengedepankan asas keadilan dan profesional,” harapnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut