Bandara Pitu Morotai Perketat Pemeriksaan Suhu Badan Penumpang

  • Bagikan
Petugas Bandara Pitu Pulau Morotai memeriksa suhu badan para penumpang yang baru tiba (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Bandara Pitu Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut) memperketat pemeriksaan suhu badan penumpang pesawat yang baru tiba di Morotai maupun hendak menuju ke daerah lain. Pemeriksaan ini dilakukan untuk mengantisipasi penyebaran virus corona atau Covid-19.

Kapala Bandara Pitu Pulau Morotai, Syamsuddin Soleman mengatakan pelayanan penerbangan seperti rute Manado-Morotai dan Morotai-Ternate atau sebaliknya tetap berjalan normal. Hanya saja mengantisipasi merebaknya penyebaran virus corona, petugas memperketat pemeriksaan setiap penumpang yang baru tiba maupun hendak berangkat.

“Pada saat penumpang pesawat yang baru turun tetap saja dilakukan pemeriksaan suhu badan, jika ada yang ditemukan penumpang memiliki suhu badan diatas 38 samapi 40 derajat celsius, maka patut dicurigai dan dilakukan pemeriksaan lebih mendalam,” ungkap Syamsudin saat dikonfirmasi KabarMalut, Selasa (17/3/2020).

Bahkan untuk menjaga fasilitas bandara tetap bersih dan steril dari virus, pihak Kementerian Kesehatan Pelabuhan (KKP) bekerja sama dengan Dinas Kesehatan, melakukan penyeprotan di lingkup bandara untuk mengantisipasi ada kuman-kuman yang mungkin saja tersebar di dalam lingkup bandara.

“Semprot yang dilakukan itu untuk mengantisilais kuman-kuman. Obat yang digunakan dalam semprot itu saya tidak begitu tahu, tapi itu bagian dari antisipasi awal dari penyebaran virus corona atau Covid-19,” tuturnya.

Samsudin mengaku alat pengukur suhu badan yang digunakan sekarang merupakan milik KKP, sehingga direncanakan bakal diadakan untuk meningkatkan pelayanan di Bandara Pitu. Pemeriksaan sudah badan tidak hanya penumpang, seluruh petugas bandara juga selalu diperiksa suhu badannya.

“Seluruh pegawai bandara juga sejuah ini kami sudah diperiksa untuk mengantisipasi, karena tiap hari menghadapi penumpang datang baik dari Manado maupun dari Ternate sehingga kami pegawai juga diperiksa untuk mengantispasi,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut