Karyawan PT IWIP Jalani Perawatan di Pukesmas Payahe Mulai Membaik

  • Whatsapp
Puskesmas Payahe, KecamatanOba Kota Tidore Kepulauan (Istimewa)

TIDORE – Salah satu karyawan PT Indonesia Weda Bay Industrial Park (PT IWIP) yang sakit dan menjalani perawatan di Puskesmas Payahe Kecamatan Oba, Kota Tidore Kepulauan (Tikep), kini kondisi kesehatanya mulai membaik. Pasien tersebut tidak masuk dalam Pasien Dalam Pengawasan (PDP) melainkan diduga pasien penderita sakit sesak napas dan penyempitan saluran pernapasan.

Dokter Puskesmas Payahe, dr Inayah S Abubakar mengaku hasil diagnosa pasien yang merupakan salah satu karyawan PT IWIP ini menunjukan pasien mengalami sesak napas, batuk dan demam. Sehingga dilakukan pemeriksaan pasien diduga menderita penyakit paru dan penyempitan saluran pernapasan.

“Pasien juga memiliki riwayat merokok dan setelah lakukan pemeriksaan, pasien tersebut bukan Pasien Dalam Pengawasan (PDP) dan Orang Dalam Pengawasan (ODP), tetapi harus dirujuk ke Tidore atau di Kota Ternate, namun keluarga pasien belum mengiyakan untuk pasien dirujuk,” ungkap dr Inayah saat dikonfirmasi KabarMalut via telepon, Rabu (25/3/2020).

Kondisi pasien saat ini, lanjut dr Inayah, sudah mulai membaik, bahkan sesak napas yang dideritanya sudah mulai berkurang, begitu pula suhu badan sudah kembali normal. Puskesmas Payahe juga telah melakukan koordinasi dengan Dinas Kesehatan Kota Tikep dan Dinas Kesehatan Provinsi Maluku Utara, karena pasien tersebut tidak bergejela terpapar Covid-19 atau Virus Corona.

“Kemungnikan kondisi pasien yang sempat firal di media sosial ini kemungkinan menerima infomasi belum lengkap hingga terjadi pembincangan warga di netizen,” tuturnya.

Sejauh ini pasien juga dipastikan tidak memiliki riwayat perjalanan ke luar daerah, terutama di wilayah yang sudah terjangkit virus corona, sebab hanya pergi-pulang Payahe-Weda Halmahera Tengah (Halteng). Masyarakat diimbau untuk tidak panik dengan informasi yang disebarkan oleh orang tak bertanggung jawab.

“Kami selaku petugas kesehatan di Puskesmas Payahe menghimbau kepada masyarakat agar tidak panik dengan kondisi pasien, karena kondisi pasien sudah mulai membaik dan pesian tidak terkena Covid -19 atau Virus Corona dan pesien tersebut akan terus dilakukan pemantauan,” pungkasnya. (Oba/*)

Pos terkait