Sehari, Dua Kali Gempa Guncang Pulau Morotai

  • Bagikan
Pusat gempa di Pulau Morotai

DARUBA – Wilayah Kabupaten Pulau Morotai, Provinsi Maluku Utara (Malut) dalam sehari tadi kembali diguncang dua kali gempa bumi berkekuatan 4,7 magnitudo dan 5,3 magnitudo.

Kepala Bidang (Kabid) Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Pulau Morotai, Kusnadi Fonae mengatakan gempa terjadi M 4,7 sekira pukul 10:43:36 WIT, lokasi 2.62 LU, 128.19 BT (64 km Barat Laut Daruba) dengan kedlaman 131 Km. Disusul gempa kedua berkekuatan Mag 5,3 sekira pukul 11:20:06 WIT, lokasi 2.96 LU, 128.12 BT (103 km Barat Laut Daruba) kedalaman 97 Km.

“Gempa barusan terjadi di Pulau Morotai itu yang paling merasakan gempa yakni Kecamatan Pulau Rao dan Desa Sopi Kecamatan Morotai Jaya, dan kami  tetap melakukan pemantauan di wilayah sekitar itu, sejauh ini belum ada laporan dampak dari gempa tersebut,” ungkap Kusnadi saat dikonfirmasi KabarMalut, Rabu (25/3/2020).

Dengan adanya kejadian ini, BPBD mengimbau kepada warga agar tidak panik, karena gempa ini tidak bisa diprediksi kapan akan terjadi. Masyarakat diminta tidak panik dan tetap tenang serta tidak terpengaruh oleh isu yang tidak dapat dipertanggungjawabkan kebenarannya.

“Hindari dari bangunan yang retak atau rusak diakibatkan oleh gempa. Periksa dan pastikan bangunan tempat tinggal anda cukup tahan gempa, ataupun  tidak ada kerusakan akibat getaran gempa yang membahayakan kestabilan bangunan sebelum anda kembali ke dalam rumah,” harapnya.

Hasil pantauan media ini, meski dua kali diguncang gempa, aktifitas masyarakat tetap berjalan normal seperti biasanya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut