Dinas PUPR Malut Sediakan Sarana Cuci Tangan Umum dan Air Bersih di Sofifi

  • Whatsapp
Sarana tempat cuci tangan umum yang disediakan Dinas PUPR Maluku Utara (Istimewa)

SOFIFI – Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Provinsi Maluku Utara (Malut) melalui Unit Pelaksana Teknis Dinas (UPTD) SPAM Sofifi melakukan protocol umum pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) dengan menyediakan sarana untuk cuci tangan dengan sabun.

Kepala Dinas PUPR Malut, Santrani Abusama mengatakan sarana untuk cuci tangan tersebut dipasang pada pintu masuk utama kota Sofifi yaitu di pelabuhan Speedboat Sofifi, sehingga diharapkan dapat mempermudah masyarakat khususnya yang baru tiba agar dapat langsung membersihkan diri guna mencegah tertular dan menularkan penyakit.

“Saat ini baru terpasang dua unit, yaitu di pelabuhan speedboat Sofifi dan di kantor Dinas PUPR. Rencannya akan dilakukan penambahan lagi dengan mempertimbangkan situasi dan perkembangan dari penyebaran virus tersebut utamanya pada tempat umum seperti pasar dan pusat pertokoan di Sofifi,” kata Santrani dalam keterangan yang diterima KabarMalut Rabu (1/4/2020).

Selain itu, lanjut Santrani, UPTD SPAM Sofifi sebagai penyelenggara penyediaan air bersih di Sofifi sampai saat ini telah melayani 1.137 sambungan rumah atau kurang lebih 5.685 jiwa untuk wilayah sofifi dan sekitarnya, perkantoran pemerintah, TNI-Polri dan perumahan PNS.

“Sumber air yang digunakan yaitu dengan memanfaatkan sungai Kayasa yang diolah pada pusat operasi Gosale dengan sistem Water Treatment Plant (WTP) kapasitas produksi 15 liter per detik, Pusat Operasi Durian dengan sistem pemompaan kapasitas 10 liter per detik dan pusat operasi Ampera dengan sistem gravitasi langsung melalui Saringan Pasir Lambat (SPL) kapasitas 15 liter per detik,” jelasnya.

Sementara untuk meningkatkan pelayanan dan mendukung terlaksananya kegiatan STQ tahun 2021, Santrani mengaku tahun ini Dinas PUPR akan melakukan Optimalisasi SPAM Sofifi berupa tambahan Water Treatment Plant di Pusat Operasi Ampera dan penambahan jaringan distribusi perpipaan untuk wilayah-wilayah yang belum terlayani.

“Komitmen kami adalah untuk mewujudkan pengelolaan dan pelayanan air bersih yang berkualitas dengan 4 K yaitu Kuantitas, Kualitas, Kontinuitas dan Keterjangkauan serta tercapainya penyelenggaraan air minum yang efektif dan efisien untuk memperluas cakupan pelayanan air bersih,” pungkasnya. (*)

Pos terkait