Pemdes Dolik Sumbang APD ke Puskesmas

  • Bagikan
Penyerahan APD oleh Pemdes Dolik kepada Camat Gane Barat Utara (Istimewa) 

LABUHA – Pemerintah Desa dan BPD melalui Tim Satgas Covid-19 Desa Dolik Kecamatan Gane Barat Utara, Kabupaten Halmahera Selatan (Halsel), telah menyerahkan bantuan dua buah Alat Pelindung Diri (APD) khusus lengkap kepada Tim Kesehatan Puskesmas Gane Barat Utara. Hal ini dihibahkan kepada mereka sebagai langkah ikhtiar menghadapi virus Corona (Covid-19).

Penyerahan APD diterima langsung oleh Camat sebagai Ketua Tim Satgas Covid-19 dan didampingi Kapolsek Gane Barat sebagai Wakil Ketua Tim Covid-19 dan selanjutnya diserahkan ke pihak Medis Puskesmas yang diterima langsung oleh Dokter Dedy yang mewakili Kepala UPTD Puskesmas.

“Kita ketahui bahwa tim medis ini sebagai konsultan dalam penanganan Covid-19 ini,” kata Kepala Desa Dolik Iswadi Ishak, Kamis (23/4/2020).

Menurut Iswadi yang juga Wakil Ketua II APDESI Halsel,  sesui Surat Edaran (SE) Menteri Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal, dan Transmigrasi RI nomor 8 2020 tentang Desa Tanggap Covid-19 dan Penegasan Padat Karya Tunai, dengan ruang lingkup surat edaran ini meliputi satu diantaranya adalah pembentukan Satgas Covid-19 tingkat desa dan membebankan anggaran melalui Anggaran Pendapatan Belanja Desa (APBDes) yang bersumber dari Dana Desa (DD).

“Karena itu dari sisi struktur bahwa tim medis secara otomatis berperan sebagai konsultan Covid-19, sehingga didalam melakukan edukasi melalui sosialisasi yang tepat dengan menjelaskan perihal informasi terkait Covid-19, gejala, cara penularan, maupun langkah-langkah pencegahan,” sebut Iswadi.

Iswadi yangg juga Ketua Satgas Covid-19 Desa Dolik mengatakan, keterlibatan pihak medis ini juga menjadi tugas penting selain kesiapan APD juga secara bersama-sama melakukan pendataan penduduk rentan sakit, seperti orang tua, balita, serta orang penyakit menahun, penyakit tetap dan penyakit kronis lainnya.

APD ini diadakan melalui DD tahun anggaran 2020 dilengkapi dengan alat pelindung yang lain berupa masker, mesin penyemprot, APD biasa bagi Tim Satgas Covid-19 Desa serata tempat cuci tengan untuk dipasang ke tempat-tempat umum.

“Ini merupakan media suatu pergerakan agar warga lebih disiplin dalam menjaga hidup yang bersih, agar terhindar dari virus Corona,” tutup Iswadi. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut