STIKMAH Tobelo Komitmen Uji Klinik dan Siap Produksi Massal Anti Virus

  • Whatsapp
Ketua STIKMAH Tobelo, Dr. dr. Arend L Mapanawan

TOBELO – Penelitian Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Makariwo Halmahera (STIKMAH) Tobelo, Kabupaten Halmahera Utara (Halut), Maluku Utara, tetap komitmen dengan hasil temuan sampai ke tahap uji klinik hingga ke tahap produksi massal. 

Pasalnya pihaknya klaim bahwa, temuan STIKMAH Tobelo (Golarend, Pangiar, dan Bintang laut merah), sebagai herbal suplemen pertama di dunia yang memiliki senyawa anti virus seperti Pyridine DMZO yang sama dengan senyawa pada Avigan (Favipiravir) yang selama ini digunakan pada virus influenza ternyata di coba ke pasien Covid-19 baik di China maupun di Jepang ternyata memberikan hasil yang baik. 

“Untuk Golarend pada bulan April lalu  telah diberikan ke pasien covid-19 dan memberikan hasil yang baik. Tapi untuk uji klinik sendiri akan dilakukan pada waktu yang akan datang dengan melibatkan ratusan sampel sehingga tingkat keakuratannya secara ilmiah bisa dipertanggungjawabkan,” kata ketua STIKMAH Tobelo Dr. dr. Arend L Mapanawan, Selasa (26/05/2020)

Ia berharap, temuannya (Golarend, Pangiar, dan Bintang laut merah) dapat dikembangkan tidak hanya pada obat tradisional berstandart tetapi bisa sampai ke tahap Fitofarmaka nanti, dan berfungsi sebagai obat.

“Keunggulan Golarend selain mengandung Pyridine dan Dymethyil DMZO sebagai antivirus yang sama dengan Avigan, juga mengandung vitamin E sebagai anti oksidant. Sementara kapsul daun Pangi miliki anti virus pyridine Dymethyil dan phytol sebagai imunomodulator, squalen sebagai anjuran virus vitamin E. Sementara Bintang laut merah mengandung piperidine hingga 27 %,” ucap Arend.

Sementara untuk uji daya hambat virus Arend mengatakan, daun pangi yang sangat super karena memiliki daya hambat virus hingga 94.80%, Golarend 42.56%, Lamivudin 46.76%. Sementara menunggu hasil inhibisi Bintang laut merah, Avigan, dan Remdesivir. 

“Avigan (Favipiravir) sintetis Pyridine, Aminopyrazine (Japan) vs Golarend, Pangiar, Bintang laut merah (herbal). Pyridine, Dymethyl (DMZO) (Indonesia) siap diadu pada uji klinik Covid19 dan Riset Inovasi STIKMAH Tobelo masuk uji klinik dan produksi massal. Dan STIKMAH Tobelo dengan Herbalove optimis Golarend Pangiar bintang laut merah sebagai icon produk  yang akan berkembang ke depan. Apalagi pabriknya di Tobelo,” tutupnya. (*)

Pos terkait