Kejari Morotai Temukan Anggaran Pembangunan Masjid Joubela Terdapat Perbuatan Melawan Hukum

  • Bagikan
Kasi Intel Kejari Kepulauan  Morotai, Asep (Istimewa)

DARUBA – Tim Intelijen Kejaksaan Negeri (Kejari) Kepulauan Morotai telah menyelidiki dugaan penyelewengan anggaran pembangunan masjid di Desa Joubela Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai. Hasil penyelidikan membuktikan pekerjaan pembangunan masjid yang menghabiskan anggaran ratusan juta rupiah pada Anggaran Pendapatan dan Belanja Desa (APBDes) tahun 2014-2016 namun pekerjaannya tidak selesai dan mangkrak itu terdapat perbuatan melawan hukum.

Kasi Intel Kejari Kepulauan Morotai, Asep mengatakan berkas perkaranya penyelidikan sudah resmi diserahkan ke Seksi Pidana Khusus (Pidsus), hanya saja terdapat edaran dari pusat selama pandemi Covid-19 masih berlangsung, semua kegiatan yang perlu diterbitkan surat perintah (Sprint) ditangguhkan sementara. Namun sprint keluar sebelum Covid-19 kasus tersebut tetap dilanjutkan.

“Masjid Desa Joubela dari hasil kami dari tim penyidik dari kejaksaan yakni Seksi Intelijen sudah menyerahkan berkas perkara itu ke Seksi Pidana Khusus karena kita sudah melihat bahwa sudah ada terjadi perbuatan melawan hukum,” ungkap Asep ketika dikonfirmasi KabarMalut, Selasa (2/6/2020).

Menurut Asep, setiap sprin yang diterbitkan memiliki jangka waktu belum diterbitkan agar pekerjaan nantinya harus maksimal.

“Bukan berarti ditangguhkan penanganan perkaranya, cuman karena wabah jadi dipending dulu karena belum ada penetapan dikeluarkan oleh pak kajari,” jelasnya.

Meski hasil penyelidikan dan kesimpulan dari tim Intelijen telah selesai serta berkas kasusnya diserahkan ke bagian  Pidsus, tetapi soal kerugian belum bisa ditentukan nominalnya karena nantinya bakal dihitung oleh instansi lain yang berwenang.

“Untuk total kerugian dan anggaran tersebut kewenangan kami di penyelidikan itu tidak sampai ke arah berapa kerugiannya, akan tetapi dari situ kami bisa melihat tahun anggaran yang bermasalah dari tahun 2014, 2015 sampai 2016 itu kita bisa kantongi semua,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut