RSUD Maba Miliki Mesin Diagnosa Virus Corona

  • Bagikan
Direktur RSUD Maba, dr M Nasir (Hasrul/KabarMalut)

MABA – Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Maba, Kabupaten Halmahera Timur (Haltim), Maluku Utara (Malut), memiliki mesin Polymerase Chain Reaction (PCR) yang kini digunakan untuk mendiagnosis penyakit virus corona atau Covid-19. Hanya saja, selama ini mesin PCR baru digunakan untuk mengdiagnosa penyakit lain.

“Mesin PCR itu untuk saat ini hanya digunakan mendiagnosis penyakit TBC,” kata Direktur RSUD Maba, dr M Nasir dikonfirmasi awak media, Kamis (4/6/2020).

M Nasir mengatakan, mesin PCR itu belum dapat dimanfaatkan mendiagnosis penyakit virus corana karena masih kekurangan alat cartridge khusus digunakan untuk mengambil sampel dahak pada pasien. Selain itu, belum ada tenaga yang bisa mengoperasikannya.

“Maka untuk itu kami akan sampaikan kepada pak bupati agar kiranya bisa alokasi anggaran pelatihan sekaligus untuk mengadakan alat cartridge khusus Covid-19,” ungkapnya.

Apabilah alat PCR milik RSUD Maba ini bisa dioprasikan untuk diagnosis penyakit virus coron, M Nasir kedepannya para pasien reaktif pemeriksaan rapid test atau masyarakat yang memiliki gejala demam, batuk, inflenza tidak perlu dirujukan ke RSUD dr Chasan Basoeri Ternate.

“Kedepan pemeriksaan PCR bisa dilakukan di RSUD Maba, hanya bagi warga Haltim dibuktikan e-KTP,” pungkasnya.

Terpisa Bupati Haltim,  Muh’Din Mabud ketika dikonfirmasi mengatakan bakan memanggil Direktur RSUD  Maba untuk ditanyai terkait ketersedian alat PCR itu.

“Jika benar-benar alat PCR itu ada, Pemda siapkan dana untuk biaya pelatihan dan keperluan lainya, tapi untuk pelakasanaanya kami harus terlebih dahulu koordinasi dengan Pemerintah Provinsi Maluku Utara, karena rumah sakit ditunjuk untuk pemeriksaan PCR itu untuk Maluku Utara itu RSUD Ternate,” singkatnya. (*)

 

.

Foto Dirut RSUD Haltim.

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut