Polda Malut Amankan Dua Truk Bermuatan Kayu Illegal

  • Bagikan
Dua mobil truk bermuatan kayu illegal yang diamankan Ditreskrimsus Polda Maluku Utara (Istimewa)

TERNATE Anggota Ditreskrimsus Polda Maluku Utara (Malut), berhasil mengamankan dua mobil truk bermuatan kayu yang diduga hasil pembalakan liar atau illegal logging dari hutan Kabupaten Halmahera Timur. Kayu tersebut digagalkan di pelabuhan penyeberangan Fery Kota Ternate saat hendak menuju ke Kota Tidore Kepulauan.

Direktur Reskrimsus Polda Malut, Kombes Pol Alfis Suhaili melalui Kasubdit Tipidter AKBP Aan Hardiansyah mengaku, kayu olahan sebanyak 12 kubik diketahui berasal dari Kabupaten Halmahera Timur dan rencananya dibawah ke Tidore Kepuluan. Hanya saja saat pemeriksaan, para sopir tidak bisa menunjukan dokumen resmi sehingga langsung diamankan.

“Awalnya kami mendapat laporan dari masyarakat langsung personel bergerak ke pelabuhan Fery Bastiong. Saat ditanyakan kepada kedua sopir yang membawa kayu itu, namun mereka tidak memiliki dokumen kayu yang diangkut,” kata Aan ketika dikonfirmasi KabarMalut, Minggu (14/6/2020).

Aan mengatakan kedua sopir mengaku kayu olahan yang diangkut tersebut sebanyak 12 kubik dari berbagai jenis, seperti kayu besi, kayu campuran, serta kayu gufasa. Kedua sopir beserta muatan mereka langsung digiring ke kantor Direskrimsus untuk pemeriksaan lebih lanjut.

“Kedua sopir itu sudah diamankan guna dilakukan pemeriksaan lebih lanjut serta memeriksa orang yang diduga memiliki kayu tersebut,” terangnya.

Meski pengakuan para sopir jumlah kayu sebanyak 12 kubik, pihaknya bakal menghitung kembali secara keseluruhan. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut