Cairkan Anggaran Fiktif untuk Media, Mantan Kabag Humas Morotai Cicil Kerugian Negara

  • Bagikan
Kepala Inspektorat Kabupaten Pulau Morotai, Marwanto P Soekidi (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Pengelolaan anggaran di Bagian Humas Setda Pulau Morotai tahun 2019 silam diketahui terdapat penyimpanga yang merugikan negara. Hal ini terbukti setelah Inspektorat melakukan audit dan menemukan adanya pencairan anggaran untuk media yang diduga fikti.

Kepala Inspektorat Pulau Morotai, Marwanto P Soekidi mengaku pencairan anggaran fiktif untuk media itu kini telah ditindaklanjuti di Bagian Humas. Mantan Kabag Humas Arafik M Rahman yang disebut-sebut mempraktek hal itu diwajibakan melakukan pengembalikan kerugian negara yang mencapai ratusan juga tersebut.

“Dia mulai cicil di bulan April 2020, ini memang agak lambat karena keuangan daerah tidak memungkinkan, dia bayar bulan April itu pada Mei, dia sudah mulai cicil sendiri kita pakai aturan saja, cicil sesuai  Surat Keterangan Tangungjawab Mutlak (SKJM) saja,” ungkap Warwanto kepada wartawan di ruang kerjanya, Selasa (16/6/2020).

Dirinya menjelaskan Arafik M Rahman telah bersedia menganti seluruh kerugian atas pencairan itu. Sehingga dibuatlah semacam pengakuan yang diatur cicil dan jumlah tidak melebihi kapasitas kemampuan dia.

“Satahu saya dia ada respon, masalah korupsi pasti dipecat, walapun Rp 10 ribu sama Rp 10 miliar sama saja dipecat. Kalau dari dia tidak ada jaminan yang ditahan, batasnya maksimal dua tahun. Kalau dalam tiga bulan tak ada respon, tidak ada cicilan maka dilimpahkan ke kejaksana, kalau sudah dilimbahkan ke kejaksaan pasti dipecat,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut