Belum Dimanfaatkan, Proyek Embung Milik Kemendes di Morotai Ambruk

  • Whatsapp
Embung di Desa Aha Kabupaten Pulau Morotai yang ambruk (Istimewa)

DARUBA – Proyek embung yang dibangun oleh Kementerian Desa, Pembangunan Daerah Tertinggal dan Transmigrasi (Kemendes PDT-Trasmigrasi) RI tahun 2019,  di Desa Aha Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara (Malut), ambruk atau jebol sebelum dimanfaatkan oleh petani setempat. Embung senilai Rp 600 juta dari APBN ini dikerjakan CV Dian Jaya.

Salah satu warga Desa Aha mengatakan, proyek tersebut masih tergolong baru, karena baru selesai dibangun akhir tahun 2019 lalu, dibawah pengawasan Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai. Namun ketika musim hujan tiba langsung ambruk.

“Pas hujan tiba-tiba saja ambruk,” ungkap salah satu warga yang enggan mau namanya dipublis, Selasa (23/6/2020)

Terpisah, kontraktor proyek embung, Risno ketika dikonfirmasi mengaku proyek tersebut telah diserahkan ke DPMD dan masyarakat. Jika terjadi kerusakan maka masih menjadi tanggungjawabnya untuk memperbaiki karena masih dalam tahap pemeliharaan.

“Sudah diserahkan ke dinas dan masyarakat, hanya saja ambruk, namun karena masih ada masa pemeliharaan sehingga kami kontraktor yang akan merehab,” cetus Risno.

Risno menjelaskan proyek tersebut sumber dana dari APBN. Begitu pula proses ditender dilakukan langsung di Kemendes PDT-Transmigrasi.

“Daerah hanya menerima barang jadi. Saya sudah lapor ke Kemendes termasuk PPK dan tidak ada masalah. Nanti direhab karena ada pemeliharaan,” pungkasnya. (*)

Pos terkait