Kejari Ternate Terima Tahap Dua Kasus Perdagangan Kosmetik Ilegal

  • Whatsapp
Kejari Ternate saat terima tahap dua barang bukti dan tersangka dari Polisi (Yasim/KabarMalut)

TERNATE – Kejaksaan Negri (Kejari) Ternate, menerima pelimpahan berkas tahap dua kasus perdagangan kosmetik ilegl dengan tersangka atas nama Jauhar Ali alias Al (24), dari penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Maluku Utara (Malut).

Kasi Pidum Kejari Ternate, Junaedy mengaku penyerahan tersangka dan brang bukti ini setelah berkas penyidikan dinyatakan lengkap (P21). Tersangka diduga melakukan kegiatan usaha di bidang perdagangan kosmetik yang berlamat di Kelurahan Dufa-Dufa Kecamatan Ternate Utara, Kota Ternate.

“Kosmetik dengan cara dikirimkan dari jasa pengiriman cargo dan mendapatkan berbagai macam kosmetik di Makassar,” kata Junaedy kepada KabarMalut di ruang kerjanya, Jumat (26/6/2002).

Junaedy menunturkan, kosmetik tersebut ada yang memiliki izin edar notifikasi BPOM dan ada pula tidak memiliki izin edar notifikasi BPOM, setelah barang-barang tersebut sampai di Ternate tersangka langsung mengedarkan atau memperdagangkan kepada konsumen dengan cara memosting melalui media sosial facebook (FB).

“Mereka memposting kosmetik melalui FB atas nama ALL SHOP dan ada pula diposting pada grup-grup jual beli online Kota Ternate,” terangnya.

Lebih lanjut kata Junaedy, akibat dari perbuatan tersangka dikenakan pasal 197 Jo pasal 106 ayat (1) Undang-Undang RI nomor 36 tahun 2009 tentang Kesehatan. (*)

Pos terkait