Cegah Banjir Susulan, Pemda Kepsul Normalisasi Dua Sungai

  • Whatsapp
Alat berat yang diturunkan Pemda Kepulauan Sula untuk melakukan normalisasi sungai (Istimewa)

SANANA – Guna mencegah terjadinya banjir susulan akibat luapan air dari sungai, Pemerintah Daerah (Pemda) Kabupaten Kepulauan Sula (Kepsul) melakukan normalisasi dua sungai yang menyebabkan banjir di Desa Mangoli, Kecamatan Mangoli Tengah dan Desa Waitina, Kecamatan Mangoli Timur.

Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) Kepsul, Nursaleh Baenuru mengaku normalisasi dilakukan setelah pihaknya bersama Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) melakukan observasi di Desa Mangoli dan Desa Waitina.

“Untuk mempercepat rencana ini kemarin kami sudah menurunkan alat berat ke Desa Mangoli dan alhamdulillah hari ini sudah mulai bekerja setelah mendapat persetujuan dari warga masyarakat baik unsur-unsur pemerintah, tokoh agama serta tokoh adat setempat,” ungkap Nursaleh kepada wartawan, Rabu (8/7/2020).

Menurut Nusaleh, kedua lokasi banjir pada dua tempat tersebut harus dilakukan normalisasi kali Waisengan menuju Waigafu di Desa Waitina dan untuk Desa Mangoli normalisasi saluran sungai menuju Waikamasuku dan Waikafau.

“Saya berharap cuaca juga bisa mendukung sehingga pekerja normalisasi ini bisa berjalan dengan baik sesuai dengan harapan kita semua, sehingga pekerjaan ini bisa secepatnya selesai dan manfaanya bisa dirasakan oleh masyarakat,” pungkasnya. (*)

Pos terkait