Bupati Pulau Taliabu Didesak Tindak Lanjut Laporan Pemberhentian Kades Belo

  • Whatsapp
Pemuda, mahasiswa dan masyarakat ketika menggelar aksi di depan kantor Desa Belo (Istimewa)

BOBONG – Pemuda, Mahasiswa dan Masyarakat Desa Belo, Kecamatan Taliabu Timur Selatan, Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, kembali menggelar aksi unjuk rasa mendesak Bupati Pulau Taliabu, Aliong Mus agar segara menindaklanjuti laporan pemberhentian Kepala Desa (Kades) Belo, Irma Liambana dari jabatanya. Laporan dari Badan Permusyawaratan Desa (BPD) Belo itu, merupakan tindak lanjut BPD atas permohonan Kades Belo, Irma Liambana.

“Laporan pemberhentian itu BPD sudah kasih masuk melalui Camat sudah kurang lebih satu bulan ini, tapi lagi- lagi belum ada tindakan apa-apa dari Pemerintah Daerah. Atas nama masyarakat, pemuda dan mahasiswa kami mendesak pak Bupati Pulau Taliabu agar segera proses laporan pemberhentian Kades Belo dan segera non aktifkan Irma Liambana dari Kades Belo,” ungkap Korlap, Gunawan Banapon dalam orasinya di depan kantor Desa Belo, Senin (13/7/2020).

Massa aksi juga mendesak Pemda Pulau Taliabu segera menurunkan karateker atau menunjuk Plt Kades Belo, agar bisa menjalankan tugas pemerintahan di Desa Belo.

“Kami sudah tidak mau Irma Liambana jadi Kepala Desa Delo lagi,” tegas Gunawan.

Pemda agar tidak melayani dan memproses segala administrasi pemerintahan berkaitan dengan Desa Belo, hingga adanya karateker atau Plt Kades Belo.

“Kami minta pada Dinas PMD dan Bagian Keuangan agar tidak memproses pencaiaran anggaran DD dan ADD tahap berikutnya sampai ada penyelesaian persoalan Desa Belo,” desak massa aksi.

Apa bila dalam waktu dekat Pemda Pulau Taliabu belum menindak lanjut laporan pemberhentian Kades Belo, massa aksi mengancam bakal melakukan aksi lanjutan disertai pemboikot seluruh aktifitas pemerintahan di Desa Belo. (*)

Pos terkait