Dinkes Pulau Taliabu Sosialisasi Pencegahan dan Penularan Penyakit Malaria

  • Bagikan
Petugas Dinas Kesehatan Pulau Taliabu yang melakukan Sosialisasi Pencegahan Penyakit Malaria (Istimewa)

BOBONG – Selain penanganan dan pencegahan penyebaran virus corona (Covid-19) di tengah-tengah lingkungan masyarakat, Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Pulau Taliabu, Maluku Utara, juga melakukan pencegahan dan penularan penyakit malaria di seluruh wilayah Pulau Taliabu.

Kepala Dinkes Pulau Taliabu, Kuraisia Marasaoly mengatakan virus corona memang salah satu jenis virus yang merepotkan hampir seluruh manusia di dunia, namun angka penderita dan kematiannya terdata dan cepat diketahuinya. Akan tetapi penyakit malaria yang terpapar pada masyarakat pun hampir jerjadi setiap hari, tetapi hal itu kurang dibahas dan diketahui oleh masyarakat.

“Kami dari Dinas Kesehatan selain lakukan sosialisasi pencegahan virus corona, kami juga sosialisasi pencegahan penularan penyakit malaria dan kami sudah lakukan sosialiasi ini ke 8 kecamatan yang berada di Taliabu ini,” ungkap Kuraisia kepada KabarMalut, Jumat (17/7/2020).

Dalam sosialisasi ini, petugas Dinkes juga membagikan 9.600 lembar kulambu kepada warga di 17 desa yang tersebar di 8 Puskesmas.

“Tujuan kami memberikan kulambu ini agar memutus mata rantai malaria dari gigitan nyamuk di Kabupaten Pulau Taliabu. Dan 17 desa yang kami berikan ini karena pada tahun 2019 itu mereka yang positif malaria,” jelasnya.

Ia menambah pada tahun 2019 berdasarkan data Dinkes Pulau Taliabu terdapat 74 warga dinyatakan positif malaria yang tersebar di 8 kecamatan pada 17 desa. Sementara tahun 2020 ini, sudah terdapat pula 59 warga yang dinyatakan positif malaria dan tersebar di 4 puskesmas, yaitu Puskesmas Bobong, Puskesmas Ngele, Puskesmas Lede dan Puskesmas Gela.

“Untuk positif malaria tahun 2019 itu semua sudah sembuh dan yang positif malaria tahun 2020 ini sementara dalam tahap penanganan atau tahap pengobatan,” tutupnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut