Puskesmas Daruba Intens Dampingi Penyembuhan Penderita TBC dan Kusta

  • Bagikan
Kepala Puskesmas Daruba, dr Adil Makmur (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Guna mencegah terjadinya penularan penyaki tuberculosis (TBC) dan Kusta di Kecamatan Morotai Selatan, Kabupaten Pulau Morotai, Malut Utara, Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Daruba intens melakukan pendampingan penyembuhan para penderita TBC dan Kusta.

Kepala Puskesmas Daruba, dr Adil Makmur mengatakan penderita TBC tahun 2019 di Morotai Selatan mencapai 20 kasus, sedangkan semester pertama tahun 2020 ada 18 kasus. Untuk penderita kusta tahun 2019 tercatat 46 kasus dan tahun 2020 kini sudah tercatat 35 kasus.

“Untuk TBC sudah 4 orang yang selesai pengobatan di semester pertama tahun 2020 dan untuk kusta sudah 8 orang yang selesai pengobatan,” kata dr Adil saat dikonfirmasi, Jumat (14/8/2020).

Dalam penyembuhan penderita TBC dan Kusta, kata Adil, terus dilakukan pendampingan pengobatan oleh petugas Puskesmas terhadap pasien yang berada dalam kota. Sedangan yang tempat tinggalnya di luar kota atau jauh dari Puskesmas, maka akan menjadi tanggung jawab Bidan Desa.

“TBC ini penyakit menular, selain sosialisai kita lakukan pendampingan minum obat. Jadi, misalnya dalam satu rumah ada yang terkenah TBC kita lakukan pendampingan jangan sampai putus, terus kalau pasien TBC yang jauh kita titipkan obat di Bidan Desa agar tidak putus obatnya, tapi untuk Morotai Selatan ini bagus banyak yang sadar jadi mereka yang datang cari obat bahkan ada pasien rutin suntik,” terangnya.

Adil juga mengaku selain kedua penyakit tersebut, Puskesmas Daruba juga melayani pengobatan penderita Infeksi Saluran Pernafasan Akut (ISPA) dan Malaria. Khusu ISPA, kini sudah tercatat mencapai 69 kasus untuk semester pertama tahun 2020, angka tersebut mendekati kasus di 2019 yang tercatat sebanyak 109 kasus.

“Untuk malaria di tahun 2019 tidak ada pasien dan di tahun 2020 semester pertama sebanyak 1 kasus. Baik pasien TBC, Kusta serta ISPA saat ini masih rutin dipantau dan diberikan obat,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut