Pulau Morotai Resmi Miliki Alat PCR

  • Bagikan
Alat PCR saat tiba di Pulau Morotai (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Kebutuhan mendeteksi kasus Covid-19 dengan menggunakan alat Polymerase Chain Reaction (PCR), kini dimiliki Pemerintah Kabupaten Pulau Morotai, Maluku Utara.

Kabag Humas Setda Pulau Morotai, Ailan Goraahe mengatakan Pulau Morotai kini memiliki alat PCR yang berasal dari bantuan Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB). Alat PCR pun telah di tiba di Morotai dan siap difungsikan.

“Mesin PCR itu telah diserah terimakan dari pusat kepada Sekretaris Dinas Kesehatan Morotai, Novindra Humbas (dr. Tonny) bersama dengan Kepala Kantor Penghubung Morotai di Jakarta, Monalisa Khaeruddin kemarin,” ungkap Ailan kepada KabarMalut, Selasa (18/8/2020).

Terpisah, Juru Bicara Satgas Covid-19 Pulau Morotai, dr Novindra Humbar saat dikonfirmasi membenarkan bahwa alat PCR sudah tiba di Pulau Morotai.

“Benar alat itu sudah saya jemput, kemarin serah terimah di BNPB pusat, langsung bawa ke Morotai terus alat itu sampai di Morotai tadi sore Pukul 18:00 WIT. Semua alat-alatnya kita amankan karena alat PCR ini ada tempat khusus,” tuturnya.

Untuk mengoperasi alat tersebut, lanjut Novindra, saat ini pihaknya masih menunggu tekhnisi untuk melakukan penginstalan alat.

“Untuk kapan alat itu dioperasikan saya belum bisa pastikan, apakah di bulan ini atau kapan belum bisa, karena menunggu teknisinya datang untuk melakukan instal alat itu, terus memberikan traning ke petugas kita yang ada di Morotai, semua sudah bisa maka langsung beroperasi,” pungkasnya. (*)

  • Bagikan

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Hak Cipta KabarMalut