Oknum PNS Pulau Morotai Gelapkan Anggaran Desa Ratusan Juta Rupiah

  • Whatsapp
Kepala Inspektorak Pulau Morotai, Marwanto P Soekidi (Fizri/KabarMalut)

DARUBA – Oknum Pegawai Negeri Sipil (PNS) di Dinas Pemberdayaan Masyarakat Desa (DPMD) Pulau Morotai inisial AM, diduga menggelapkan anggaran desa mecapai ratusan juta rupiah. Hal ini terungkap ketika pihak Inspektorat melakukan audit anggaran beberapa di desa di Pulau Morotai.

Kepala Inspektorat Pulau Morotai, Marwanto P Soekidi mengatakan hasil audit yang dilakukan baru dua desa saja yakni Desa Tanjung Saleh Kecamatan Morotai Utara dan Desa Cio Gerong Kecamatan Morotai Selatan Barat, ditemukan adanya kerugian yang mencapai ratusan juga akibat dugaan penggelapan oleh oknum PNS beinsial AM.

Bacaan Lainnya

“Untuk Tanjung Saleh dan Cio Gerong ratusan juta lah, itu bedah-bedah sedikit saja, tapi mungkin agak lebih sedikit Cio Gerong,” ungkap Marwanto ketika dikonfirmasi di kantornya, Kamis (10/9/2020).

Marwanto menuturkan, tidak menutup kemungkinan ada di desa lain yang mengalami kasus yang sama yakni anggaranya digelapkan oknum PNS berinsial AM ini.

“Yang sudah jelas itu ada dua desa, cuman kami duga masih ada beberapa desa yang lain,” jelasnya.

Proses audit dalam persoalan ini, lanjut Marwanto, sedikit mengelami keterlambatan karena oknum yang AM sementara masih berada di luar daerah.

“Orangnya kemarin kita panggil cuman masih di luar, katanya istrinya sakit,” tuturnya.

Ditambahkan kendala lainnya, oknum yang bersangkutan mengaku kehilangan data, sehingga pihaknya sedikit mengalami kendala dalam proses pengauditan. Tapi bagi Marwanto, hal itu tidak menjadi masalah bagi pihaknya untuk mengungkap kasus ini.

“Kita bisa minta data di Bank dan ada beberapa yang sudah kasih, pasti akan terungkap,” pungkasnya. (*)

Pos terkait